In-depth

5 Lawan Terakhir PSG di Babak 16 Besar Liga Champions, Sering Keok Ketemu Tim Kuat

Kamis, 10 November 2022 13:53 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Pedro Nunes
Selebrasi Lionel Messi di laga Benfica vs PSG (06/10/22). (Foto: REUTERS/Pedro Nunes) Copyright: © REUTERS/Pedro Nunes
Selebrasi Lionel Messi di laga Benfica vs PSG (06/10/22). (Foto: REUTERS/Pedro Nunes)

INDOSPORT.COM - Paris Saint-Germain (PSG) kerap mendapat nasib buruk setiap kali undian Liga Champions (Champions League) babak 16 besar dilakukan karena mereka selalu dapat lawan kuat.

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi antar klub top Eropa, Liga Champions musim 2022-2023, telah rampung menggelar babak penyisihan grup.

Total ada 16 tim yang memastikan diri lolos ke fase knock out. Mereka adalah Bayern Munchen, Real Madrid, Manchester City, Chelsea, Tottenham Hotspur, Benfica, Napoli, FC Porto.

Liverpool, Club Brugge, Inter Milan, Eintracht Frankfurt, AC Milan, RB Leipzig, Borussia Dortmund, hingga Paris Saint-Germain.

Setelah itu, UEFA selaku operator langsung melakukan undian atau drawing untuk babak 16 besar, pada Senin (07/11/22) kemarin di Nyon, Swiss.

Undian ini dipimpin oleh Deputi Secretary UEFA, Giorgio Marchetti dan legenda Turki, Hamit Altintop.

Untuk aturannya masih sama, juara grup akan dipertemukan oleh tim yang berada di posisi runner-up grup. 

Tetapi juara grup yang sudah pernah bertemu dengan tim runner-up grup sewaktu babak penyisihan, tidak boleh kembali bertemu di fase ini sehingga undian dapat diulang.

Hasilnya hal itu tidak terjadi, dan undian berlangsung seru lantaran banyak duel sengit yang lahir dari drawing ini.

Salah satunya adalah pertarungan dua tim kuat, Paris Saint-Germain (PSG) vs Bayern Munchen. Untuk leg pertama akan digelar di markas Les Parisiens, di Stadion Parc de Princes, pada 15 Februari 2023 mendatang.

Baru giliran Bayern Munchen menjamu PSG di leg kedua, di Stadion Allianz Arena, pada 09 Maret 2023. 

Bagi PSG sendiri hasil dari undian ini mungkin bikin mereka kecewa. Pasalnya, langkah klub kaya asal Prancis ini untuk mewujudkan mimpi menjuarai Liga Champions, berpeluang kandas lagi.

Sebab Bayern Munchen bukanlah lawan yang mudah untuk dikalahkan. Meski musim ini komposisi skuad mereka berubah, Die Bayern tetap berbahaya karena punya mental juara dan berpengalaman di Eropa.

Ini bukanlah kali pertama PSG dihadapkan dengan tim kuat di awal babak gugur. Di lima edisi sebelumnya, mereka juga sudah merasakannya yang berujung kegagalan. Berikut lima lawan terakhir PSG di Liga Champions.