Liga Indonesia

Progres Naturalisasi Ivar Jenner dan Justin Hubner, Ini Bocoran Menpora

Jumat, 11 November 2022 20:58 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© PSSI
Calon pemain naturalisasi, Ivar Jenner telah bergabung dengan TC Timnas Indonesia U-20 di Turki. Copyright: © PSSI
Calon pemain naturalisasi, Ivar Jenner telah bergabung dengan TC Timnas Indonesia U-20 di Turki.

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan belum menerima dokumen untuk pengajuan naturalisasi Ivar Jenner dan Justin Hubner. Keduanya disiapkan untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023.

Belum lama ini, Ivar dan Justin datang ke Jakarta untuk mengurus proses naturalisasi. Keduanya jalani wawancara dengan Badan Intelejen Negara (BIN), tes medis, tes psikologi hingga berkunjung ke Kedubes Belanda untuk mengurus administrasi.

Namun, Menpora menjelaskan, hingga saat ini belum menerima surat resmi dari PSSI. Dengan demikian, Kemenpora belum bisa memproses dan merekomendasikan ke Kemenkumham hingga Kemensetneg.

Kemungkinan PSSI masih melengkapi dokumen Ivar Jenner dan Justin Hubner sebelum menyerahkan ke Kemenpora.

"Masih dilengkapi, ada dua orang, nanti begitu sampai ke kami, kami akan dorong ke Kemensetneg, supaya proses selanjutnya untuk diberikan pengantar untuk dibahas di DPR," kata Menpora.

"Belum tahu (waktunya berapa lama), kami posisinya merekomendasikan kalau surat sudah lengkap," imbuhnya.

Ivar Jenner dan Justin Hubner adalah pemain yang direkomendasikan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Keduanya disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023 atau sebisa mungkin di Piala Asia U-20 2023.

Ivar Jenner kini bermain untuk klub Belanda, FC Utrecht U-21 dan Justin Hubner merupakan bek tengah klub Inggris, Wolverhampton Wanderers U-21. Keduanya kini berusia 18 tahun. 

Justin Hubner mendapat darah Indonesia dari pihak ayah, sedangkan ibunya adalah keturunan Belanda. Ayahnya sepenuhnya asli Indonesia karena kakek dan neneknya (dari pihak ayah) berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan dan Bandung, Jawa Barat.

Sedangkan Ivar Jenner diketahui memiliki garis keturunan Indonesia dari sang nenek yang berasal Jember, Jawa Timur.