Bola Internasional

Pindah ke Spanyol, Asisten Shin Tae-yong Sebut Ada Pemain Timnas U-20 yang Alami Penurunan Kualitas

Selasa, 15 November 2022 16:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© PSSI
Aksi bintang Timnas Indonesia U-20, Marselino Ferdinan di laga uji coba kontra Al Adalah FC (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Aksi bintang Timnas Indonesia U-20, Marselino Ferdinan di laga uji coba kontra Al Adalah FC (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-20 telah selesaikan pemusatan latihan di Turki dan kini berpindah ke Spanyol. Ada beberapa catatan positif dan negatif soal penampilan para pemain selama latihan di Turki.

Asisten pelatih Timnas U-20, Nova Arianto bersyukur TC di Turki berjalan lancar. Tidak ada pemain yang mengalami cedera serius, sehingga tim pelatih bisa siapkan program latihan selanjutnya tanpa khawatir.

"Puji Tuhan program training center tim nasional U-20 di Turki telah selesai dan berjalan dengan baik," bukanya. 

"Saat ini fokus kami adalah melihat sejauh mana perkembangan dan performa pemain selama berlatih dan melakukan uji coba selama di Turki," imbuh Nova yang telah mengizinkan pernyataannya dikutip dari media sosialnya.

Selama di Turki, Timnas U-20 jalani tujuh laga uji coba. Dari latihan dan pertandingan, Nova mengatakan ada pemain yang kemampuannya meningkat pesat, tapi ada juga yang malah menurun kualitasnya.

Meski demikian, tangan kanan Shin Tae-yong itu tidak menunjuk pemain mana saja yang tidak dalam top perform.

"Pastinya di catatan kami ada beberapa pemain yang performanya meningkat, tetapi ada juga pemain yang performanya menurun dari event terakhir yang diikuti," tutur pelatih 44 tahun itu.

Dari tujuh uji coba di Turki, Timnas U-20 menang lawan Cakallikli Spor (2-1), Moldova U-20 (3-1), Antalyaspor U-20 (3-2), seri kontra Moldova U-20 (0-0) dan Baerum SK (3-3) serta kalah dari Turki U-20 (1-2) dan Al Adalah FC (0-2).

Setah pindah tempat latihan ke Spanyol, skuad Garuda Nusantara dijadwalkan berpartisipasi di turnamen mini yang diikuti sejumlah negara Eropa.

Turnamen tersebut bertitel 'Costa Calida Region de Murcia Football Week' yang digelar pada 14-22 November 2022 di Murcia, Spanyol. Sepuluh negara akan berpartisipasi dan sebagian menurunkan tim U-20.