Liga Indonesia

Bos Bali United Tawarkan Fasilitas Pemusatan Latihan untuk Timnas Indonesia

Selasa, 15 November 2022 15:49 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Juni Adi
© Arif Rahman/INDOSPORT
Latihan Timnas Indonesia sebagai persiapan FIFA Matchday menghadapi Curacao di Stadion Sidolig, Bandung, Kamis (22/09/22). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Latihan Timnas Indonesia sebagai persiapan FIFA Matchday menghadapi Curacao di Stadion Sidolig, Bandung, Kamis (22/09/22).

INDOSPORT.COM - Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, membeberkan tawaran Bali United agar fasilitas klub bisa digunakan untuk training center (TC) Timnas Indonesia. Bali United punya dua venue yang representatif.

Tawaran itu datang dari pemilik saham terbesar Bali United, Pieter Tanuri. Keduanya bertemu saat Mochamad Iriawan berada di Bali menjamu presiden FIFA, Gianni Infantino, yang menghadiri KTT G20 2022.

Selama berada di Bali, Iwan Bule, sapaan akrabnya, diajak Pieter Tanuri untuk mengunjungi pusat latihan Bali United di sekitar Pantai Purnama, Gianyar.

Saat ini, pembangunan dari pusat latihan itu terus berjalan. Ada dua lapangan yang sudah siap dipakai dan satu lapangan lagi sedang ada pengerjaan tribun kecil.

Selain mengunjungi pusat latihan Bali United, Pieter Tanuri turut mengajak Iwan Bule ke Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar. Dua fasilitas ini yang ditawarkan Bali United agar dipakai TC Timnas Indonesia.

Rencananya, tim senior segera dikumpulkan untuk persiapan menuju Piala AFF 2022. Ajang dimulai pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023.

"Ini akan jadi pertimbangan kami untuk didiskusikan di PSSI, berkaitan dengan adanya TC timnas senior yang akan main di Piala AFF. Kita akan sampaikan ke tim untuk kembali meninjau, termasuk lapangan Wayan Dipta," kata Iwan Bule, Selasa (15/11/22).

Iwan Bule akan berkoordinasi dengan bagian Timnas Indonesia yang kini sedang ada di Turki bersama tim U-20. Jika semua deal, maka Ricky Kambuaya dkk. akan berlatih di Bali.

"Terima kasih untuk pak Pieter sudah menawarkan untuk bisa latihan di sini. Tentunya ini jadi catatan buat kami, akan kami instruksikan dengan direktur teknik, bagian hospitality dan pelatih Shin Tae-yong," tutur Iwan Bule.

Dalam kunjungannya ke fasilitas milik Bali United, Iwan Bule terkesima dengan kualitas dan situasi di sekitarnya. Jangankan Timnas Indonesia, klub-klub luar negeri juga pasti akan tertarik berlatih di Bali.

"Saya yakin nanti akan banyak dipakai klub klub dari luar untuk bisa dipakai di sini, karena orang ke Bali itu senang sekali, hampir semua orang ingin ke bali, apalagi sekarang ada tempat untuk berlatih sepak bola," papar Iwan Bule.