Liga Indonesia

Liga 2: Pelatih PSIM Bicara Antusiasme Pemain Saat Latihan Tanpa Kejelasan Kompetisi

Selasa, 15 November 2022 18:07 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© PSIM Yogyakarta
Latihan tim Liga 2, PSIM Yogyakarta di Lapangan Kenari, Yogyakarta. Foto: PSIM Yogyakarta. Copyright: © PSIM Yogyakarta
Latihan tim Liga 2, PSIM Yogyakarta di Lapangan Kenari, Yogyakarta. Foto: PSIM Yogyakarta.

INDOSPORT.COM - Klub Liga 2 Indonesia, PSIM Yogyakarta, kembali menggelar latihan setelah sempat uji coba melawan Borneo FC. Antusiasme pemain dalam mengikuti program membuat gembira staf kepelatihan Laskar Mataram.

Hal sulit harus dijalani para pelatih dalam enam pekan ini. Tim pelatih dipaksa membuat program ketika kelanjutan kompetisi Liga 2 2022/2023 belum jelas.

Praktis, banyak pelatih memilih program mingguan, termasuk dari kubu PSIM. Dengan sesi latihan empat kali, program sepekan diakhiri dengan uji coba.

Program ini ternyata berjalan cukup efektif. Para pemain merasa senang ketika mendapat momen uji coba melawan pemuncak klasemen sementara Liga 1, Borneo FC, Sabtu (12/11/22) sore.

Setelah uji coba itu, Cristian Gonzales dkk. mendapat jatah libur dua hari. Latihan baru digelar lagi pada Selasa (15/11/22). Jalannya latihan pertama pekan ini membuat senang tim pelatih.

"Kondisi pemain alhamdulillah semakin baik, mereka semakin antusias, pasca kita liburkan dua hari mereka pagi ini kembali dengan kondisi yang 95 persen sudah konsen," kata pelatih PSIM, Erwan Hendarwanto, usai latihan.

Pada latihan perdana pekan ini, Erwan membuat program secara menyeluruh. Dia tak sekadar fokus pada evaluasi dari uji coba melawan Borneo FC.

Dalam laga itu, kedua tim sama-sama gagal mencetak gol. Namun, laga harus dihentikan sekitar menit ke-55 karena hujan deras mengguyur Lapangan YIS, disertai dengan petir.

"Kita lakukan maintenance dengan menggabungkan semua unsur baik teknik, taktik maupun fisik, karena kita kan tidak bisa lakukan itu sendiri-sendiri," tutur Erwan.

Menurut Erwan, jalannya awal pertandingan sesuai prediksi. Para pemain yang telah lama tak menjalani laga kompetitif terlihat keteteran dengan cara Borneo FC memberi tekanan.