Liga Indonesia

Tantang Klub Singapura, Persis Solo Siap Maksimalkan Bek Blasteran Brasil

Selasa, 15 November 2022 08:25 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/Indosport.com
Peluang winger Persis Solo, Kevin Gomes dipatahkan lini belakang PSS Sleman. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com Copyright: © Nofik Lukman Hakim/Indosport.com
Peluang winger Persis Solo, Kevin Gomes dipatahkan lini belakang PSS Sleman. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Persis Solo berpotensi menurunkan Kevin Gomes Oliveira dalam laga uji coba melawan klub asal Singapura, Tanjong Pagar FC, Rabu (16/11/22). Inilah ujian penting bagi pemain blasteran Brasil tersebut.

Kevin Gomes menjalani pengalaman baru tapi lama sejak Rasiman masuk dalam bagian tim kepelatihan senior. Asisten pelatih Persis Solo ini mengajak seleruh pemain berdiskusi secara individu.

Salah satu diskusi yang dilakukan Rasiman dengan para pemain adalah posisi pilihan pemain. DIa tak ingin satu pemain memiliki lebih dari satu posisi dalam waktu yang sama.

Kevin Gomes termasuk yang membuat pilihan penting dalam diskusi itu. Dia memilih kembali menempati posisi bek kiri setelah sempat menjadi gelandang sayap kiri era Jacksen F. Tiago.

Posisi baru itu terlihat berat bagi Kevin Gomes. Selain belum terbiasa, Persis Solo juga memiliki deretan gelandang sayap berkualitas, seperti Irfan Jauhari, Althaf Indie, Alfath Fathier, hingga Irfan Bachdim.

Kinerja Kevin sebagai bek kiri sudah diuji dalam uji coba domestik. Kevin sudah diturunkan dalam uji coba melawan tim Liga 2 dan Liga 3.

Maka, uji coba lawan Tanjong Pagar bisa menjadi momen penting untuk menguji Kevin. Sewaktu melawan Johor Darul Takzim, Persis menurunkan Abduh Lestaluhu secara penuh.

Sebagai seorang pemain, Kevin sendiri tinggal menunggu tugas dari pelatih. Namun, harus diakui bahwa posisi bek kiri membuatnya lebih percaya diri.

"Tugas seperti ini menjadi hal biasa (perubahan posisi). Memang kemarin sempat bermain di sayap kiri, tapi di bek kiri saya bisa bermain lebih maksimal. Mungkin memang inilah posisi asli saya dari awal," kata Kevin Gomes.

Sedikit menengok ke belakang, Kevin sebenarnya tidak masalah ketika bermain sebagai gelandang sayap kiri. Dia punya kelebihan dalam hal kecepatan serta umpan silang.

Namun, Kevin sendiri merasa ada sedikit kebingungan dalam beberapa aspek. Makanya, ketika berdiskusi dengan Rasiman, ia memilih kembali ke posisi aslinya.

"Mungkin karena belum terbiasa dengan posisi wing kiri. Sebenarnya hal itu tidak ada masalah. Penampilan juga masih oke, walau ada beberapa hal yang masih bingung," jelas Kevin Gomes.