Liga Indonesia

Jordi Amat Buka Peluang Anaknya Jadi WNI

Sabtu, 19 November 2022 19:11 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Jordi Amat dan Sandy Walsh di Kemenkumham untuk rampungkan proses naturalisasi menjadi WNI, Kamis (17/12/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Jordi Amat dan Sandy Walsh di Kemenkumham untuk rampungkan proses naturalisasi menjadi WNI, Kamis (17/12/22).

INDOSPORT.COM - Pemain naturalisasi, Jordi Amat tidak menutup kemungkinan keluarganya ikut jadi warga negara Indonesia (WNI). Bek kelahiran Spanyol itu melihat kesempatan itu terbuka di masa depan.

Seperti diketahui, Jordi baru saja resmi jadi WNI setelah jalani sumpah pada Kamis (17/11/22) di Kantor Wilayah Kemenkumham, Jakarta Timur. Dia ucapkan janji setia ke NKRI bersama pemain keturunan lainnya, Sandy Walsh.

Pasca punya KTP Indonesia, Jordi Amat mengatakan ada peluang anaknya jadi WNI di masa depan. Dia belum bisa memutuskan karena putranya masih berusia enam bulan.

"Saya harap anak saya, Matthias begitu juga (jadi WNI). Tapi kita lihat saja nanti, tidak ada yang tak mungkin, dia baru enam bulan, jadi kita lihat di masa depan," katanya.

Pemberian kewarganegaraan untuk Jordi Amat sudah dilakukan sesuai dengan ketentuan Pasal 20 UU Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia.

Dia dapat persetujuan atas dasar pada kepentingan negara atau jasa yang luar biasa dari seseorang sehingga negara dapat memberikan kewarganegaraan kepadanya, yaitu prestasi di bidang olahraga.

Jordi Amat lahir dan besar di Spanyol, tapi punya darah Indonesia dari neneknya. Dia bahkan diakui sebagai generasi ketiga (cucu) dari Raja M.D  dari Kerajaan Siau, Sulawesi Utara.

Setelah resmi jadi WNI, Jordi mengaku sampai tidak punya kata-kata lagi untuk mengungkapkan atau menggambarkan perasaannya.