In-depth

4 Negara yang Tak Disangka Bisa Lolos Piala Dunia, Indonesia Termasuk?

Minggu, 20 November 2022 18:20 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Isman Fadil
© Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS
Trofi Piala Dunia. Foto: Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS. Copyright: © Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS
Trofi Piala Dunia. Foto: Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS.

INDOSPORT.COM – Berikut adalah 4 negara yang tak disangka-sangka bisa lolos ke babak putaran final Piala Dunia. Lantas, apakah Indonesia termasuk?

Menjadi kontestan Piala Dunia bagi negara-negara yang sepak bolanya sudah begitu maju tampaknya bukan menjadi sesuatu yang istimewa.

Sebut saja Brasil, Argentina, Inggris, Prancis, Portugal, Belanda, hingga Jerman yang mayoritas olahraga sepak bolanya sudah memadukan dengan teknologi.

Ada juga dengan Iran, Jepang, dan Korea Selatan yang olahraga sepak bola juga sudah menjadi nomor teratas di kawasan benua Asia saat ini.

Namun, bagaimana jika yang dapat masuk ke menjadi kontestan Piala Dunia adalah negara yang tidak maju dalam sepak bolanya bahkan tidak diunggulkan?

Ternyata, hal itu pernah menimpa beberapa negara dengan industri sepak bolanya yang tidak begitu berkembang dibanding negara-negara Eropa.

Salah satunya adalah Kuba. Kubra sendiri merupakan negara kecil yang berada di Amerika Tengah. Kala itu tak ada yang menyangkan negara kecil ini bisa lolos Piala Dunia.

Hal itu Kuba rasakan setidaknya pada tahun 1938 silam. Uniknya, meskipun bukan tuan rumah, kala itu Kuba termasuk negara yang lolos ke putaran final Piala Dunia tanpa melalui babak kualifikasi.

Berhasil menang dipertandingan pertama atas Rumania, Kuba harus terssingkir di pertandingan keduanya saat melawan Swedia yang berakhir dengan skor kekalahan 8-0.

Selain Kuba, ternyata ada negara-negara lain yang tak pernah disangka-sangka bisa lolos ke Piala Dunia. Negara mana sajakah itu? Berikut ulasannya.