Liga Indonesia

Sesuai Arahan FIFA, Liga 1 Harus Selesai April 2023 Apa Pun yang Terjadi

Minggu, 20 November 2022 15:42 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Direktur Utama PT LIB yang baru, Ferry Paulus. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Direktur Utama PT LIB yang baru, Ferry Paulus.

INDOSPORT.COM - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus, menegaskan roda kompetisi Liga 1 Indonesia 2022-2023 tetap berakhir di April 2023, meskipun kini masih tertahan di pekan ke-11.

Roda kompetisi memang masih mogok imbas Tragedi Kanjuruhan, 1 Oktober lalu, namun Liga 1 tetap harus selesai sesuai jadwal di April 2023.

Sebab, hal ini sesuai dengan permintaan dari FIFA. Badan tertinggi sepak bola dunia itu meminta Liga 1 selesai pada April tahun depan supaya PSSI bisa fokus mempersiapkan Piala Dunia U-20 2023 (20 Mei).

"Pasti rampung sebelum kick-off Piala Dunia U-20 2023. Bahkan itu ketentuan regulasi dari FIFA, harus selesai pada April," kata Ferry Paulus, Sabtu (19/11/22).

Ferry menambahkan, memang untuk berakhir sesuai jadwal, memang PT LIB harus memiliki simulasi atau opsi terkait kelanjutan Liga 1 nantinya.

"Ada simulasi dan opsi terkait jalannya liga. Bakalan ketat karena berkaitan dengan persiapan timnas senior dan U-20," tambahnya.

Ferry Paulus mengatakan, PT LIB memang sudah menyiapkan beberapa opsi untuk kelanjutan Liga 1. Tanggalnya direncanakan pada 2 Desember 2022 ataupun awal Januari 2023.

"Ada beberapa tanggal yang kami siapkan, tapi lagi-lagi tentunya pintu masuknya menunggu dari hasil Rapat Koordinasi. Kick-off kali ini sangat berkaitan dengan regulasi keamanan," cetusnya.

"Keterkaitan dengan pihak-pihak seperti KemenPUPR. Jadi, penentuan tanggal kick-off lanjutan Liga 1 memang perlu pendalaman dan lebih serius," tutur Ferry Paulus.