Piala Dunia 2022

Perjalanan Lionel Messi dan Argentina di Piala Dunia: Merajut Mimpi Jadi Terbaik Sejagat

Selasa, 22 November 2022 13:26 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Hendro Hardiyanto/INDOSPORT
Perjalanan Lionel Messi dan Argentina di Piala Dunia.(Foto: Hendro Hardiyanto/INDOSPORT) Copyright: © Hendro Hardiyanto/INDOSPORT
Perjalanan Lionel Messi dan Argentina di Piala Dunia.(Foto: Hendro Hardiyanto/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Berikut perjalanan megabintang Lionel Messi bersama Timnas Argentina di turnamen sepak bola paling bergengsi Piala Dunia, sejak 2006 silam hingga 2018 lalu.

Seperti diketahui, Lionel Messi baru saja meloloskan Timnas Argentina ke Piala Dunia 2022 Qatar. Mereka tergabung ke dalam Grup C bersama Meksiko, Polandia dan Arab Saudi.

Piala Dunia 2022 Qatar sangat penting bagi Lionel Messi, karena dirinya mengaku tidak akan memperkuat Argentina lagi di ajang tersebut pada edisi empat tahun mendatang.

Oleh sebab itu, bintang PSG yang mendapat julukan La Pulga (Si Kutu) ini diprediksi bakal mengerahkan seluruh kemampuannya demi mewujudkan mimpi meraih gelar juara.

Berikut INDOSPORT telah merangkum perjalanan Lionel Messi di Piala Dunia sejak 2006 hingga 2018:

Piala Dunia 2006

Di Piala Dunia edisi 2006 di Jerman, Lionel Messi masih berusia 18 tahun. Ia menjalani debut dari bangku cadangan dengan membawa Argentina menang 6-0 atas Serbia dan mampu menyumbang satu gol.

Sayang, langkah tim nasional berjulukan La Albiceleste harus terhenti di Perempat Final karena tumbang dari tuan rumah Jerman dengan skor adu penalti 4-2.

Piala Dunia 2010

Pada edisi 2010 di Afrika Selatan, Messi sudah berusia 23 tahun. Di bawah asuhan Diego Maradona, ia sukses memimpin Argentina lolos ke fase gugur dengan melewati hadangan Nigeria, Korea Selatan, dan Yunani. 

Namun sayang, Jerman lagi-lagi menjadi mimpi buruk Argentina. Messi dkk gugur di perempat final setelah dihajar dengan skor telak 0-4.

© Stanley Chou/Getty Images
Diego Maradona dan Lionel Messi di Piala Dunia 2010 Copyright: Stanley Chou/Getty ImagesDiego Maradona dan Lionel Messi di Piala Dunia 2010

Piala Dunia 2014

Saat mengikuti Piala Dunia 2014 di Brasil Lionel Messi berusia 27 tahun dan sedang dalam masa keemasan bersama Barcelona. Saat itu, Tim Tango sukses melaju hingga partai final dengan penampilan sangat impresif.

Namun, mereka harus puas menjadi runner-up setelah Jerman lagi-lagi kembali menjadi mimpi buruk untuk ketiga kalinnya. Gol tunggal Mario Gotze membuat Messi kalah dengan skor 0-1. Meski begitu, Lionel Messi mendapat penghargaan sebagai pemain terbaik turnamen.

Piala Dunia 2018

Pada gelaran Piala Dunia 2018 di Rusia, usia Lionel Messi sudah menginjak 31 tahun. Pencapaian Argentina tidak lebih baik dari edisi sebelumnya.

Meski mampu lolos ke fase gugur, langkah Lionel Messi dan Argentina harus terhenti di babak 16 besar karena dibekuk Prancis dengan skor 3-4. Piala Dunia 2018 akhirnya menjadi milik Prancis.

Meksi begitu, pada Piala Dunia 2022 ini, Lionel Messi kembali merajut mimpi untuk menjadi yang terbaik sejagat raya bersama Timnas Argentina

Artikel ini disponsori oleh AICE Official Ice Cream untuk FIFA World Cup Qatar 2022.