Liga Indonesia

Siap Berkembang, Arema FC Dapat Materi Penting Soal Peningkatan Kualitas dari UEFA

Selasa, 22 November 2022 02:45 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Subhan Wirawan
© INDOSPORT
Klub Liga 1 Indonesia, Arema FC bersiap untuk melakukan adopsi atas beberapa materi yang disampaikan dalam Program UEFA Assist Development di Jakarta. Copyright: © INDOSPORT
Klub Liga 1 Indonesia, Arema FC bersiap untuk melakukan adopsi atas beberapa materi yang disampaikan dalam Program UEFA Assist Development di Jakarta.

INDOSPORT.COM - Klub Liga 1 Indonesia, Arema FC bersiap untuk melakukan adopsi atas beberapa materi yang disampaikan dalam Program UEFA Assist Development di Jakarta.

Dalam sesi pertemuan kedua, Arema FC mendapatkan paparan materi perihal cara untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas brand klub.

Pada sesi itu, Kenny Macleod bertindak sebagai pembicara. Dia dikenal berpengalaman di bidang brand and fans communication di Eropa.

Kenny Macleod menegaskan, bahwa komunikasi antara klub dengan para stakeholder sepak bola di Indonesia berperan penting untuk mendukung poin itu.

"Dengan membangun komunikasi juga menumbuhkan partisipasi berbagai pihak," beber Kenny Macleod melalui rilis Arema FC, Senin (21/11/22).

Sepak bola Indonesia memang tak hanya melibatkan klub dan federasi sepak bola negara saja, tapi melibatkan sejumlah pihak.

Negara menjadi stakeholder utama, selain pihak keamanan, pemerintah daerah hingga kalangan suporter.

"Utamanya meningkatkan kembali keterlibatan para penggemar sepak bola, baik di stadion maupun di dunia maya," tambah dia.

Kenny juga menjabarkan, bahwa poin terpenting adalah membangun komunikasi. Hal ini yang akan menentukan bagaimana performa klub di mata publik.

"Hal lain (dari peran) komunikasi (adalah) pemasaran sepak bola akan menarik sponsor dan investasi publik," beber dia.