Liga Indonesia

FIFA Akan Berkantor di Jakarta untuk Sukseskan Piala Dunia U-20 2023

Kamis, 24 November 2022 08:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Presiden FIFA, Gianni Infantino saat tiba di kantor PSSI, GBK Arena didamping oleh Ketum PSSI Mochammad Iriawan, Selasa (18/10/22). (Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT) Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Presiden FIFA, Gianni Infantino saat tiba di kantor PSSI, GBK Arena didamping oleh Ketum PSSI Mochammad Iriawan, Selasa (18/10/22). (Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora) Zainudin Amali menyampaikan bahwa FIFA akan berkantor di Jakarta setelah Piala Dunia 2022. Sudah ada kantor besar yang disiapkan.

FIFA akan ada di Jakarta agar bisa lebih mudah berkomunikasi dengan pemerintah dan PSSI terkait tata kelola Piala Dunia U-20 yang berlangsung pada 20 Mei sampai 11 Juni 2023 mendatang di Indonesia.

“Setelah Piala Dunia Qatar 2022, FIFA akan berkantor di sini (Indonesia). Itu (kantor) sudah disiapkan di Jakarta cukup besar mereka akan berkantor di sini selama persiapan sampai dengan selesainya event,” kata Menpora

Menpora berharap dengan berkantornya FIFA di Jakarta, seluruh persiapan penyelenggaraan tertata dengan baik. Pasalnya beberapa stadion masih dalam tahap renovasi akhir untuk dapat digunakan di Piala Dunia U-20 2023. 

“Kalau ada sesuatu yang harus kita tanyakan, dia (FIFA) ada di sini di Jakarta. Jadi lebih mudah koordinasinya,” ujar Zainudin Amali.

Ada enam kota yang menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 yakni Jakarta, Bandung, Palembang, Bali, Surabaya dan Solo. 

FIFA juga telah menetapkan enam stadion yang bakal digunakan pada kejuaraan dua tahunan tersebut yaitu Gelora Bung Karno, Gelora Bung Tomo, Manahan, Kapten I Wayan Dipta,  Jakabaring dan Si Jalak Harupat.

Stadion Si Jalak Harupat jadi venue yang butuh renovasi paling banyak untuk Piala Dunia U-20 2023. Itu berdasarkan hasil inspeksi FIFA beberapa waktu lalu.

Stadion Si Jalak Harupat harus berbenah mulai dari fasilitas seperti ruang ganti, lapangan hingga berkaitan dengan keamanan. Jadi, pihak PUPR akan melakukan pekerjaan mulai bulan ini.

Sebenarnya, sebagian besar stadion yang akan dipakai di ajang Piala Dunia U-20 2023 mendatang dinyatakan sudah dalam kondisi siap.

Tapi, karena event tersebut ditunda dari tahun 2021 ke 2023, maka beberapa stadion dipakai terlebih dahulu oleh klub untuk berlaga di kompetisi Liga 1 2021-2022.