Liga Indonesia

PT LIB Klaim Seluruh Klub Sepakat Lanjutan Liga 1 Menggunakan Format Bubble

Jumat, 25 November 2022 20:08 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Direktur Utama PT LIB yang baru, Ferry Paulus mengatakan seluruh klub setuju kelanjutan Liga 1 2022-2023 dilakukan dalam format bubble. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Direktur Utama PT LIB yang baru, Ferry Paulus mengatakan seluruh klub setuju kelanjutan Liga 1 2022-2023 dilakukan dalam format bubble.

INDOSPORT.COM - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus mengatakan seluruh klub setuju kelanjutan Liga 1 2022-2023 dilakukan dalam format bubble. Setidaknya mereka tidak masalah dengan format ini.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) memang terus berupaya melanjutkan kembali roda kompetisi Liga 1 2022-2023. Kabar terbaru bahwa Liga 1 dilanjutkan pada 2 Desember 2022.

Selama dihentikan roda kompetisi Liga 1 pasca terjadinya insiden Stadion Kanjuruhan 1 Oktober lalu, memang seluruh stakeholder sepak bola Indonesia dipinta melakukan evaluasi agar hal serupa tidak terjadi kembali.

Setidaknya ada beberapa poin evaluasi yang harus dilakukan. Sementara itu untuk kelanjutan kompetisi, PT LIB melontarkan akan menggunakan format bubble.

Selain itu nantinya Liga 1 sementara akan terpusat di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Terkait ini, Ferry Paulus menyebut seluruh peserta Liga 1 tidak masalah.

"(Tim-tim Liga 1) sangat sepakat semua karena memang yang dinamis peraturan polisi banyak kisi-kisi yang ada di regulasi semua," kata Ferry Paulus kepada awak media, Jumat (25/11/2022) 

"Ada beberapa poin yang penting kita selaraskan juga, mulai dari proses izin sampai pelaksanaan pertandingan dan evaluasi," terang eks direktur olahraga Persija ini.

Tak hanya sistem bubble, bahkan direncanakan suluruh pertandingan kemungkinan tanpa penonton. Tapi, ini cuma sementara sampai putaran pertama Liga 1 2022-2023 selesai.

Meski begitu, semua keputusan baru bisa disosialisasikan setelah digelarnya rapat koordinasi dengan kementerian terkait yang dijadwalkan pada 28 November mendatang.

"(Tim-tim Liga 1) sepakat semuanya. Bahkan ada beberapa klub yang kita minta lima personil, ada enam personil yang hadir, itu tanda mereka antusias," pungkasnya.