Piala Dunia 2022

Sindir Ronaldo Cetak Gol Penalti di Piala Dunia 2022, Pelatih Ghana: Itu Hadiah dari Wasit!

Jumat, 25 November 2022 08:22 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Hannah Mckay
Kapten Portugal, Cristiano Ronaldo mengukir rekor baru usai mencetak gol ke gawang Ghana di laga pertama Grup H Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Hannah Mckay). Copyright: © REUTERS/Hannah Mckay
Kapten Portugal, Cristiano Ronaldo mengukir rekor baru usai mencetak gol ke gawang Ghana di laga pertama Grup H Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Hannah Mckay).

INDOSPORT.COM – Pelatih tim nasional Ghana, Otto Addo, melemparkan sindiran kepada Cristiano Ronaldo yang mencetak gol penalti berkat hadiah dari wasit Piala Dunia 2022.

Laga Grup H Piala Dunia 2022 antara Portugal vs Ghana pada Jumat (25/11/22) dinihari WIB jadi panggung Cristiano Ronaldo untuk kembali masuk dalam topik pembicaraan.

Bagaimana tidak, ini adalah laga pertama yang dimainkan setelah dihujani kritikan lantaran berani membongkar borok-borok Manchester United, sebelum kemudian dipecat.

Terpengaruh oleh masalah tersebut, Ronaldo tampil trengginas mengantarkan Portugal meraih kemenangan 3-2 atas Ghana di Ras Abu Aboud Stadium.

Pemain berusia 37 tahun itu mencetak satu gol di menit ke-65 lewat penalti. Namun penalti jadi kontroversi lantaran Ronaldo dianggap melakukan diving atau pura-pura terjatuh karena dilanggar.

Menurut pengamatan wasit, Ronaldo lebih dulu menyentuh bola. Salisu kemudian datang dan tabrakan badan dengan Ronaldo yang membuatnya terjatuh.

Bagi Ghana, penalti ini dianggap tidak adil. Pasalnya, Ronaldo dan Mohammed Salisu yang dinilai melakukan pelanggaran sama-sama merebut bola, tetapi Ronaldo menjatuhkan dirinya.

Usai pertandingan, Otto Addo nampaknya masih tak terima. Dia menilai wasit seolah-olah sengaja memberikan hadiah penalti itu untuk Portugal.

Gara-gara gol Ronaldo itu pun, Addo merasa Ghana semakin kesulitan menghadapi Portugal hingga akhirnya kalah 2-3.

“Ketika mereka mencetak gol, semuanya berubah dan saya pikir wasit tidak membuat keputusan yang tepat pada tendangan penalti (untuk Portugal). Kemudian kamu kesulitan melawan tim kelas dunia,” ujar Otto dilansir dari The Sun.