Liga Indonesia

Uji Coba Lawan Persebaya, Rasiman Beberkan Kesiapan Persis Solo

Jumat, 25 November 2022 10:55 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
© Persis Solo
Uji Coba Lawan Persebaya, Rasiman Beberkan Kesiapan Persis Solo. Foto: Persis Solo Copyright: © Persis Solo
Uji Coba Lawan Persebaya, Rasiman Beberkan Kesiapan Persis Solo. Foto: Persis Solo

INDOSPORT.COM - Klub Liga 1, Persebaya Surabaya, resmi diumumkan sebagai calon lawan Persis Solo dalam agenda uji coba di Solo, Sabtu (26/11/22) sore. Pada persiapan akhir, Laskar Sambernyawa fokus mematangkan taktik tim.

Persebaya resmi menjadi lawan uji coba ke-13 sepanjang kompetisi Liga 1 2022/2023 dihentikan. Yang menjadi spesial, laga ini akan disiarkan secara langsung lewat stasiun televisi Indosiar.

Pertarungan Persis Solo melawan Persebaya layaknya gerbang pembuka menuju lanjutan Liga 1. PT Liga Indonesia selaku operator sudah memberi kode Liga 1 segera berjalan.

Bahkan, perwakilan klub Liga 1 sudah dikumpulkan di Hotel Sultan Jakarta, Kamis (24/11/22). Agenda itu merupakan "Sosialisasi Peraturan Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Sepak Bola".

Maka, Persis Solo tak sekadar memandang laga melawan Persebaya sebagai uji coba biasa. Abduh Lestaluhu dkk. akan dipersiapkan serius agar tampil maksimal lawan tim Bajul Ijo.

Dalam beberapa sesi latihan terakhir, fokusnya sudah tertuju pada Persebaya. Asisten pelatih Persis Solo, Rasiman, menyebut tim pelatih diberi penekanan tentang cara bermain lawan Persebaya. "Kita ada latihan teamwork, artinya kita matangkan lagi taktik yang dipakai melawan Persebaya," kata Rasiman, Kamis (24/11/22) petang.

Rasiman menegaskan bahwa Persis Solo tak akan mengubah cara bermain, entah itu laga kandang maupun laga tandang.

Persis Solo tak sekadar ingin bertahan. Laskar Sambernyawa siap bermain menyerang penuh. Cara ini sudah dibuktikan dalam dua laga uji coba di Malaysia.

Cara itu cukup sukses dijalankan Samsul Arif dkk. Persis Solo bisa menahan imbang Johor Darul Takzim (JDT) 1-1 di Stadion Sultan Ibrahim. Lalu, Persis Solo menghajar Tanjong Pagar Singapura 5-2 di Stadion Larkin.

"Kita bermain dengan normal. Kita gunakan apa yang selama ini sudah kita raih," jelas Rasiman.

"Di Johor, ada banyak hal yang kita bisa dapat di sana, terutama teamwork. Sekarang kita lebih kelihatan bermain sebagai tim," lanjut Rasiman.