Liga Indonesia

Pulang ke Tanah Air usai TC di Eropa, Timnas Indonesia U-20 Resmi Dibubarkan

Sabtu, 26 November 2022 16:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© PSSI
Timnas Indonesia U-20 kembali ke Indonesia usai TC di Eropa. (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Timnas Indonesia U-20 kembali ke Indonesia usai TC di Eropa. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-20 telah menyelesaikan pemusatan latihan dan uji coba di Eropa, tepatnya Turki dan Spanyol. Skuad Garuda Nusantara habiskan waktu selama dua bulan untuk mengasah mental, skill dan performa tim maupun individu.

Timnas Indonesia U-20 kembali ke Tanah Air pada 25 November 2022 dan 35 pemain tersebut pun dipulangkan ke klub masing-masing.

Nantinya, skuad ini akan kembali dikumpulkan pada tahun depan untuk persiapan Piala Asia U-20 2023 dan Piala Dunia U-20 2023

“Setelah ini pemain akan kembali ke klub terlebih dahulu. Setelah itu, akan ada pemusatan latihan lagi jelang persiapan menghadapi Piala AFC U-20 dan tentunya Piala Dunia U-20 tahun depan," kata ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan.

"Kami berharap di dua ajang tersebut, Indonesia mampu meraih prestasi terbaik," imbuhnya.

Saat latihan di Spanyol, Timnas U-20 jalani empat laga uji coba. Tim asuhan Shin Tae-yong kalah dari Valeranga U-20 (0-4), kalah 0-6 dari Prancis U-20, takluk 1-2 dari Slovakia U-20 dan imbang 0-0 kontra Malaga FC U-20.

Sebelum latihan di Spanyol, Timnas U-20 sempat berlatih di Turki dan jalani tujuh laga uji coba lawan klub dan negara Eropa. Hasilnya, Ronaldo Kwateh dkk tiga kali menang, dua kali seri dan dua kali alami kekalahan.

Timnas U-20 menang lawan Cakallikli Spor (2-1), Moldova U-20 (3-1), Antalyaspor U-20 (3-2), seri kontra Moldova U-20 (0-0) dan Baerum SK (3-3) serta kalah dari Turki U-20 (1-2) dan Al Adalah FC (0-2).

Pada TC di Eropa, ada empat pemain calon naturalisasi yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong. Mereka adalah Ivar Jenner, Justin Hubner, Rafael Struick dan Zico Soree.

Akan tetapi, baru Ivar dan Justin sudah mulai menjalani proses naturalisasi. Mereka datang ke Jakarta pada Oktober lalu guna melengkapi semua berkas dan menjalani wawancara dengan Badan Intelejen Negara (BIN) hingga tes medis.