Liga Indonesia

Kesulitan Cari Lawan, Timnas Indonesia Tanpa Uji Coba Sebelum Piala AFF 2022

Minggu, 27 November 2022 17:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Arif Rahman/INDOSPORT
Latihan Timnas Indonesia sebagai persiapan FIFA Matchday menghadapi Curacao di Stadion Sidolig, Bandung, Kamis (22/09/22). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Latihan Timnas Indonesia sebagai persiapan FIFA Matchday menghadapi Curacao di Stadion Sidolig, Bandung, Kamis (22/09/22).

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia kemungkinan besar tidak bisa menjalani laga uji coba selama masa persiapan menyambut Piala AFF 2022. Alasannya karena Skuat Garuda kesulitan menemukan lawan bertanding.

Awalnya, timnas Indonesia diagendakan melawan klub Liga 1 dalam agenda TC di Bali yang dimulai 28 November nanti. Beberapa klub seperti Bali United, Persib Bandung, dan Persija Jakarta dirasa cocok menjadi lawan. 

Namun, rencana tersebut tampaknya batal terwujud. Pasalnya, kemungkinan ada perubahan format dalam lanjutan Liga 1 2022-2023, yakni menggunakan sistem bubble (terpusat) di Jawa Tengah, sehingga sulit menyesuaikan jadwal.

Format tersebut akan diterapkan sampai putaran pertama Liga 1 2022-2023 beres. Setelahnya, kompetisi kembali ke format normal, yakni home-away di putaran kedua.  

Liga 1 2022-2023 kabarnya dilanjutkan pada 2 Desember nanti, setelah vakum selama dua bulan imbas Tragedi Kanjuruhan yang menelan 135 korban jiwa.

"Kami sedang menunggu, kalau memang kompetisi jalan dan kalau memang bubble di Yogyakarta dan Jawa Tengah kan susah untuk uji coba," kata Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

Untuk Piala AFF 2022, pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, telah memanggil 28 nama. Sebanyak empat di antaranya blasteran, yakni Elkan Baggott, Marc Klok, Jordi Amat, dan Sandy Walsh.

Sekadar mengingatkan, timnas Indonesia tergabung bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam di Grup A Piala AFF 2022.

Skuat Garuda akan dua kali bertindak sebagai ruan rumah pada babak penyisihan grup yakni melawan Kamboja pada 23 Desember dan menjamu Thailand pada 29 Desember mendatang. 

Shin Tae-yong bahkan menyelesaikan TC timnas U-20 di Eropa lebih cepat dari jadwal semula. Dia ingin cepat-cepat mempersiapkan tim senior.