Piala Dunia 2022

Termasuk Zidane, Brace Kylian Mbappe Sukses Lampaui 3 Legenda Prancis Sekaligus!

Minggu, 27 November 2022 07:54 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Hendro Hardiyanto/INDOSPORT
Termasuk Zidane, Brace Kylian Mbappe sukses lampaui 3 legenda Prancis Sekaligus! (Foto: Hendro Hardiyanto/INDOSPORT) Copyright: © Hendro Hardiyanto/INDOSPORT
Termasuk Zidane, Brace Kylian Mbappe sukses lampaui 3 legenda Prancis Sekaligus! (Foto: Hendro Hardiyanto/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Brace Kylian Mbappe pada matchday kedua Piala Dunia 2022 Prancis vs Denmark, Sabtu (26/11/22) malam WIB, sukses menyalip torehan tiga pendahulunya.

Kylian Mbappe sukses mencetak brace atau dua gol langsung ke gawang Denmark, dan memastikan Prancis lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 yang kini dihelat di Qatar.

Gol tersebut ia lesakkan pada babak kedua. Namun, torehan itu cukup untuk membuat Mbappe menyalip para legenda hidup Prancis.

Dengan tambahan dua gol di laga kontra Denmark, satu gol vs Australia, maka Kylian Mbappe total sudah mencetak tujuh gol dalam dua edisi Piala Dunia, 2018 dan 2022 ini.

Kylian Mbappe sukses menyalip perolehan tiga legenda Prancis dalam usia hanya 23 tahun. Siapa saja mereka? 

Pemain pertama yang sukses dilewati oleh Mbappe adalah Zinedine Zidane yang pernah bermain di Piala Dunia 1998, 2002, dan 2006. Total ZIdane mencetak lima gol di Piala Dunia.

Tiga gol ia lesakkan pada Piala Dunia 2006, termasuk gol penalti di final, yang membuat Prancis imbang 1-1 atas Italia. Namun, sang kapten justru mengantongi kartu merah.

Gelar juara ditentukan lewat babak adu penalti. Sayangnya, tak ada Zidane di sana, dan Prancis harus kalah agregat dari Italia. 

© REUTERS-Kim Hong-Ji
Selebrasi Kylian Mbappe usai Mencetak Gol Buat Prancis di Piala Dunia 2022 REUTERS-Kim Hong-Ji Copyright: REUTERS-Kim Hong-JiSelebrasi Kylian Mbappe usai Mencetak Gol Buat Prancis di Piala Dunia 2022 REUTERS-Kim Hong-Ji

Legenda kedua yang rekornya berhasil disalip Mbappe adalah Michel Platini. Megabintang Timnas Prancis ini bermain di Piala Dunia 1978, 1982, dan 1986. Ia mengukir total lima gol selama bermain di ajang empat tahunan tersebut.

Siapa sangka, hanya cukup dua edisi saja, Kylian Mbappe kini sudah menyalip catatan milik sang idola, Michel Platini.

Terakhir, ada nama Sang Raja Thierry Henry yang juga dilewati Kylian Mbappe. Henry tampil di Piala Dunia 1998, 2002, 2006, dan 2010.

Piala Dunia 1998, Henry mencetak tiga gol. Namun di tahun 2002, ia 'mandul' dan justru membuat Prancis tersingkir di babak grup.

Piala Dunia 2006, Henry kembali mencetak tiga gol. Namun pada edisi tahun 2010 ia gagal memaksimalkan kesempatan  di Timnas Prancis dengan tidak mencetak sebiji pun gol. Jika Henry butuh empat Piala Dunia untuk mencetak enam gol, maka Kylian Mbappe cukup dua edisi saja untuk bisa menyalip dengan tujuh gol.

Artikel ini disponsori oleh AICE Official Ice Cream untuk FIFA World Cup Qatar 2022.