Liga Indonesia

Rasiman Ungkap Alasan Pilih Gianluca Pandeynuwu saat Persis Solo Hadapi Persebaya

Senin, 28 November 2022 15:54 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Persis Solo
Caretaker Persis Solo, Rasiman. Foto: Persis Solo Copyright: © Persis Solo
Caretaker Persis Solo, Rasiman. Foto: Persis Solo

INDOSPORT.COM - Asisten pelatih Persis Solo, Rasiman, mengungkapkan alasan memilih Gianluca Pandeynuwu dalam uji coba melawan Persebaya Surabaya, Sabtu (26/11/22). Hal itu sebagai persiapan menatap Piala AFF 2022

Gianluca menjadi pilihan utama Laskar Sambernyawa pada uji coba ke-13 selama Liga 1 2022/2023 terhenti. Padahal, di bangku cadangan masih ada Muhammad Riyandi.

Pada laga ini, Riyandi belum berangkat ke Bali untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia, karena baru terbang pada Minggu (27/11/22).

Ternyata, Persis Solo harus menghadapi kenyataan bahwa gawang yang dikawal Gianluca bobol lima kali. Hasil ini sangat mengejutkan mengingat Persis Solo tak pernah kalah dalam 12 laga uji coba sebelumnya.

Meski begitu, Rasiman tak mau menyalahkan Gianluca sebagai penyebab kekalahan. Justru dari laga ini Gianluca mendapat pembelajaran penting menuju lanjutan Liga 1.

Jika kompetisi benar-benar dimulai 2 Desember 2022, Gianluca akan jadi pilihan utama, karena Riyandi bersama Timnas Indonesia hingga Piala AFF 2022 berakhir.

"Ini kesempatan yang bagus untuk memberi dia menit bermain. Mudah-mudahan dari game kemarin kita bisa melakukan evaluasi, meningkatkan kinerjanya, karena Riyandi akan absen dalam jangka waktu lama," kata Rasiman, Minggu (27/11/22) malam.

Rasiman menilai, Gianluca tak bisa menjadi sosok yang disalahkan atas lima gol yang bersarang di gawangnya.

Apalagi semua proses gol yang dilakukan Persebaya terjadi pada momen serangan balik. Persis Solo terlambat dalam menerapkan transisi menyerang ke bertahan.

"Tidak adil kalau semua dilimpahkan ke Gianluca. Dalam sepak bola itu tidak mungkin ada single mistake, pasti accumulation of mistake. Jadi tidak bisa menyalahkan satu atau dua orang saja," jelas Rasiman.