Piala Dunia 2022

5 Negara Asia yang Paling Sering Menang di Piala Dunia, Jepang dan Korea Selatan Sama Kuat

Selasa, 29 November 2022 18:40 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Isman Fadil
© REUTERS/Thilo Schmuelgen
Tim Nasional Jepang ketika menjalani pertandingan persahabatan melawan Amerika Serikat di Merkur Spiel-Arena, Dusseldorf. REUTERS/Thilo Schmuelgen Copyright: © REUTERS/Thilo Schmuelgen
Tim Nasional Jepang ketika menjalani pertandingan persahabatan melawan Amerika Serikat di Merkur Spiel-Arena, Dusseldorf. REUTERS/Thilo Schmuelgen

INDOSPORT.COM – Berikut adalah 5 negara Asia yang paling sering rasakan kemenangan di Piala Dunia, di mana Jepang dan Korea Selatan sama kuat.

Menjadi kontestan Piala Dunia sejatinya tidak lah mudah. Banyak negara-negara dari seluruh dunia harus bersaing melewati babak kualifikasi hingga akhirnya melaju ke babak putaran final.

Negara-negara dari benua Eropa selalu menjadi negara yang menyumbang kontestan terbanyak di Piala Dunia dibanding benua lain.

Para kontestan dari benua Eropa juga kerap menjadi unggulan dalam ajang sepak bola empat tahun sekali tersebut disusul dari negara Amerika Selatan.

Situasi tersebut membuat negara-negara kontestan dari benua lain seperti Asia tidak mendapat tempat untuk bersaing.

Wakil-wakil Asia di pentas Piala Dunia juga seakan hanya sebagai pelengkap saja dalam fase grup maupun di babak gugur turnamen.

Benua Asia memang bukan benua dengan kekuatan besar di dalam sepak bola, terlebih di turnamen sekelas Piala Dunia.

Kendati begitu, pencapaian terbaik kontestan dari benua yang mendapat julukan benua kuning tersebut adalah mampu mencapai babak semi final.

Momen tersebut terjadi saat Piala Dunia 2002 saat wakil Asia, Korea Selatan berhasil mengandaskan perlawanan Portugal di perempat final.

Meski kerap diremehkan, kejutan dan kemenangan seperti itu kerap dihadirkan oleh para wakil Asia. Berikut setidaknya wakil-wakil Asia yang paling sering merasakan kemenangan di Piala Dunia.