Piala Dunia 2022

Prestasi Terbaik Inggris di Fase Gugur Piala Dunia, Bisa Juara Tahun Ini?

Rabu, 30 November 2022 14:34 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Paul Childs
Selebrasi pemain Timnas Inggris setelah Phil Foden (paling kanan) mencetak gol ke gawang Wales dalam laga akhir Grup B Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Paul Childs). Copyright: © REUTERS/Paul Childs
Selebrasi pemain Timnas Inggris setelah Phil Foden (paling kanan) mencetak gol ke gawang Wales dalam laga akhir Grup B Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Paul Childs).

INDOSPORT.COM - Timnas Inggris berhasil melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Bagaimana kiprah mereka selama di babak gugur?

Timnas Inggris memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 usai membungkam Wales di pertandingan terakhir babak penyisihan Grup B, Rabu (30/11/22) dinihari WIB.

Bermain di Stadion Ahmed bin Ali, Qatar, Inggris menang dengan skor telak 3-0. Masing-masing gol dicetak oleh Marcus Rashford (2 gol) dan Phil Foden.

Kekalahan Wales sudah terlihat sejak pertandingan dimulai. Mereka tampil tanpa menekan, mengingat nasibnya sudah dipastikan gugur.

Inggris yang sudah mengetahui Wales putus asa, menunjukan dominasinya sepanjang babak pertama dimulai.

Kendati berhadapan dengan tim yang sudah dipastikan tidak lolos, Inggris justru kesulitan mencuri gol.

Babak pertama berakhir imbang 0-0. Namun baru babak kedua, The Three Lions memecah kebuntuan.

Menit ke-50 Inggris unggul melalui gol Marcus Rashford berkat gol tendangan bebasnya. Satu menit berselang giliran Phil Foden yang membuat gol.

Prosesnya berawal dari high press Inggris yang berhasil, lalu Kane mengirim umpan silang mendatar ke tiang jauh yang disambut Foden.

Kemudian penyerang Manchester United memperlebar keunggulan jadi 3-0 di menit ke-68. Ia memanfaatkan umpan matang Kalvin Philips di kotak penalti.

Skor 3-0 bertahan hingga laga usai. Hasil ini membuat Inggris memuncaki klasemen Grup B dengan 7 poin, sedangkan Wales terbenam di dasar dengan 1 poin dari 3 laga.

Tim besutan Gareth Southgate melaju ke fase gugur dengan status juara grup. Mereka akan berhadapan dengan Senegal di 16 besar, Senin (05/12/22).  Lantas bagaimana kiprah Inggris di fase gugur Piala Dunia?