In-depth

Profil Pemain Garuda Select 5: Ferre Murari, Hidup dari Gaji Sekuriti, Kini ke Inggris Lagi

Rabu, 30 November 2022 11:30 WIB
Penulis: Martini | Editor: Juni Adi
© Garuda Select
Ferre Murari Albahar, pemain Garuda Select 5 di Inggris. Copyright: © Garuda Select
Ferre Murari Albahar, pemain Garuda Select 5 di Inggris.

INDOSPORT.COM - Berikut adalah profil pemain Garuda Select 5, Ferre Murari, bek tengah asal Maluku Utara yang awalnya hanya hidup dari gaji seorang sekuriti.

Sebagaimana diketahui, Garuda Select adalah program kerja sama PSSI dan Mola TV untuk mengirimkan sejumlah pemain muda berbakat untuk dilatih di Inggris.

Program pelatihan ini sudah berjalan sejak tahun 2019, dan kini telah memasuki musim kelima, di mana para pemain baru saja tiba di Inggris pada Senin (21/11/22) pekan lalu.

Salah satu pemain yang sudah bergabung dengan skuat Garuda Select 5 ialah Ferre Murari, pemain asal Ternate, Maluku Utara.

Faktanya, ini bukan kali pertama bagi Ferre Murari bermain di Inggris. Sebelumnya, ia telah menjadi bagian dari skuat Garuda Select 4, yang berlatih di tahun 2021.

Berkat permainannya yang apik sebagai bek tengah, dengan postur mumpuni hingga 174 cm, Ferre pun dipanggil kembali ke Inggris.

Meski demikian, perjuangan Ferre Murari untuk bisa bermain di kancah Eropa tidak mudah. Sang ayah hanya bekerja sebagai seorang petugas keamanan alias sekuriti.

Sang ayah adalah orang pertama yang mengenalkan Ferre Murari pada sepak bola, olahraga yang sangat populer di Ternate.

"Kalau di keluarga, ayah yang mengajarkan sepak bola, karena ayah pernah bermain sepak bola antar kampung (tarkam) saat masih muda," cerita Ferre Murari.

"Biasanya ayah bekerja malam hari, tetapi saat pagi ayah selalu ajak saya latihan fisik, seperti lari naik gunung," kenang Ferre, di sebuah wawancara yang diunggah situs PSSI.