Piala Dunia 2022

Hasil Piala Dunia 2022 Kroasia vs Belgia: Modric cs Pupuskan Mimpi Red Devils ke 16 Besar

Kamis, 1 Desember 2022 23:54 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© REUTERS/Albert Gea
Ekspresi kekecewaaan para pemain Timnas Belgia usai dipastikan gagal melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Albert Gea). Copyright: © REUTERS/Albert Gea
Ekspresi kekecewaaan para pemain Timnas Belgia usai dipastikan gagal melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Albert Gea).

INDOSPORT.COM - Kroasia berhasil melaju ke babak 16 besar usai menahan imbang Belgia dalam pertandingan akhir Grup F Piala Dunia 2022 di Stadion Ahmed bin Ali dengan skor 0-0.

Belgia dibuat kesulitan mencetak gol dengan solidnya lini pertahanan yang dibangun oleh Kroasia. Berbagai cara mereka kerahkan dari kedua sisi lapangan tak mampu mereka ciptakan menjadi gol. Jangankan mencetak gol, Generasi Emas The Red Devils ini juga tak mampu menciptakan peluang karena kesigapan dari lini pertahanan Kroasia.

Sementara Kroasia lebih memilih untuk bermain tenang dan mencoba mencari gol dengan serangan balik. Kedua tim pun sempat melakukan jual beli serangan dengan tempo cukup lambat, namun hingga berakhirnya pertandingan, tidak ada gol yang tercipta.

Hasil ini membuat Kroasia berhak lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 dengan status runner up dari Grup F melalui lima poin, sedangkan posisi puncak klasemen akhir disegel oleh Maroko dengan torehan tujuh poin usai mendapatkan kemenangan atas Kanada dengan skor 2-1.

Sementara Belgia, harus puas menempati urutan ketiga di klasemen akhir Grup F Piala Dunia 2022 dengan torehan empat poin.

Babak Pertama

Sejak kick off babak pertama, Kroasia langsung memberikan serangan kejutan melalui tembakan dari Ivan Perisic saat pertandingan baru memasuki 10 detik. 

Sayangnya, bola hasil tembakan pemain Tottenham Hotspur itu sedikit melebar sehingga Kroasia batal unggul cepat. Kedua tim di babak pertama ini sempat memainkan tempo permainan yang cukup lambat, namun sesekali baik Kroasia maupun Belgia sama-sama menebarkan ancaman.

Pada menit ke-15, pemain Kroasia, Andrej Kramaric kedapatan dilanggar oleh pemain Belgia, Yannick Carrasco di kotak terlarang. Wasit pun langsung menunjuk titik putih penalti dan Luka Modric sudah siap untuk mengeksekusi.
Namun dalam tayangan VAR, bek Kroasia, Dejan Lovren masuk perangkap offside sebelum pelanggaran terjadi dan penalti pun dibatalkan.

Pertandingan dilanjutkan kembali dengan jual beli serangan tercipta dari Kroasia dan juga Belgia. Namun kesigapan lini pertahanan dari masing-masing tim membuat keduanya sama-sama tak mampu mencetak gol di babak pertama. Skor 0-0- hingga turun minum.

© REUTERS/Stephane Mahe
Perebutan antar pemain Kroasia vs Belgia dalam laga akhir Grup F Piala Dunia 2022 REUTERS/Stephane Mahe Copyright: REUTERS/Stephane MahePerebutan antar pemain Kroasia vs Belgia dalam laga akhir Grup F Piala Dunia 2022 REUTERS/Stephane Mahe

Babak Kedua

Usai turun minum, Belgia mencoba untuk bermain cepat dalam melakukan penyerangan. Hal ini tak lepas dari posisi mereka yang tak aman, setelah mengetahui di pertandingan Grup F lainnya, Maroko sudah menang 2-0 atas Kanada yang membuat mereka menempati urutan ketiga di klasemen, yang berarti jika mereka kalah atau laga berakhir imbang, maka selesai sudah perjuangan mereka di Piala Dunia 2022.

Sayangnya, berbagai upaya yang mereka lakukan tak membuahkan hasil. Sejumlah peluang yang tercipta selalu berhasil dimentahkan oleh para pemain bertahan Kroasia, sehingga tak ada ancaman yang datang ke gawang mereka.

Kroasia sendiri tidak bermain sepenuhnya bertahan. Mereka beberapa kali mampu melakukan serangan balik yang diawali dari playmaker andalan mereka, Luka Modric.

Namun lini depan Kroasia juga nyatanya tak mampu berbuat banyak, setelah sejumlah usaha mereka mampu dimentahkan oleh para pemain bertahan Belgia.

Di menit-menit akhir, Belgia sebenarnya bisa saja mendapatkan gol. Sayangnya, peluang yang didapat oleh striker mereka, Romelu Lukaku tak mampu dimaksimalkan dengan baik. Kontrol bola yang buruk serta penyelesaian yang kurang cermat membuat tim besutan Roberto Martinez itu gagal mendapatkan kemenangan.

Hingga berakhirnya pertandingan, tak ada gol yang tercipta. Skor 0-0 tak berubah dan Kroasia berhak melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Susunan Pemain Kroasia vs Belgia di Piala Dunia 2022

Kroasia (4-3-3)

Dominik Livakovic; Josip Juranovic, Dejan Lovren, Josko Gvardiol, Borna Sosa; Luka Modric, Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic; Andrej Kramaric, Marko Livaja, Ivan Perisic

Cadangan: Ivo Grbic, Ivica Ivusic, Josip Stanisic, Borna Barisic, Martin Erlic, Domagoj Vida, Josip Sutalo, Lovro Majer, Nikola Vlasic, Mario Pasalic, Luka Sucic, Kristijan Jakic, Bruno Petkovic, Ante Budimir, Mislav Orsic

Pelatih: Zlatko Dalic

Belgia (3-4-2-1)

Thibaut Courtois; Jan Vertonghen, Toby Alderweireld, Leander Dendoncker; Timorhy Castagne, Axel Witsel, Kevin De Bruyne, Thomas Meunier; Yannick Carrasco, Leandro Trossard, Dries Mertens

Cadangan: Simon Mignolet, Koen Casteels, Arthur Theate, Wout Faes, Zeno Debast, Youri Tielemans, Thorgan Hazard, Eden Hazard, Hans Vanaken, Romelu Lukaku, Charles De Ketelaere, Michy Batshuayi, Lois Openda, Jeremy Doku

Pelatih: Roberto Martinez

Artikel ini disponsori oleh KACANG DUA KELINCI, teman nonton bola.