Liga Indonesia

Kembali Gabung Persis Solo, Zanadin Fariz Bawa Pulang Ilmu dari Spanyol dan Turki

Kamis, 1 Desember 2022 15:06 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Instagram @zanadinfariz07/PSSI
Zanadin Fariz, gelandang Persis Solo dan Timnas Indonesia U-19. Copyright: © Instagram @zanadinfariz07/PSSI
Zanadin Fariz, gelandang Persis Solo dan Timnas Indonesia U-19.

INDOSPORT.COM - Zanadin Fariz sudah bergabung dalam sesi latihan Persis Solo di Stadion Sriwedari Solo, Rabu (30/11/22) sore. Zanadin kembali dengan bekal ilmu dari Spanyol dan Turki.

Zanadin cukup lama absen mengikuti latihan Persis Solo, termasuk melewatkan momen berlatih di Johor Bahru, Malaysia, 9-18 November 2022 lalu.

Performa menawan bersama Persis Solo pada Piala Presiden 2022 dan awal Liga 1 2022/2023 membuat namanya selalu masuk dalam skuad Timnas Indonesia U-20.

Baru-baru ini, Zanadin Fariz menjalani program dengan Timnas U-20 di Spanyol dan Turki. Program tersebut merupakan bagian dari persiapan menuju Piala Dunia U-20 2023.

Bagi Zanadin, pergi ke Spanyol dan Turki menjadi pengalaman pertama berlatih di luar negeri. Zanadin jadi punya kesempatan bertanding melawan tim muda Turki, Slovakia, Perancis dan klub-klub Spanyol.

Kini, Zanadin pulang ke Persis Solo dengan ilmu baru. Pemuda asal Bekasi ini senang bisa berjumpa lagi dengan para seniornya di Laskar Sambernyawa.

"Pastinya ada banyak hal yang saya dapat selama di Spanyol dan Turki. Saya bisa mendapatkan pengalaman, karena ini pertama kali saya ikut TC ke luar negeri. Selain itu juga dapat jam terbang dan mental bermain," kata Zanadin.

Sekian lama tak berlatih bersama Persis Solo, Zanadin mengaku harus beradaptasi lagi, terutama dari sisi program latihan dan strategi yang dijalankan.

Terlebih selama pergi ke Turki dan Spanyol, Zanadin belum pernah merasakan racikan sang pelatih baru, Leonardo Medina Arellano.

"Ya saya menyesuaikan sedikit ketika latihan dengan tim senior. Saya ikuti programnya, cara bermain, karena mungkin ada perbedaan antara Timnas dan klub," tutur Zanadin.