Piala Dunia 2022

Termasuk Tiimnas Belgia, 5 Negara yang Punya Generasi Emas Tapi Gagal di Piala Dunia

Kamis, 1 Desember 2022 15:25 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Siphiwe Sibeko
Selebrasi pemain Belgia Michy Batshuayi usai menjebol gawang Kanada grup F Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Siphiwe Sibeko) Copyright: © REUTERS/Siphiwe Sibeko
Selebrasi pemain Belgia Michy Batshuayi usai menjebol gawang Kanada grup F Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Siphiwe Sibeko)

INDOSPORT.COM - Banyak negara yang diperkuat pemain bintang top tapi gagal berbicara banyak dI Piala Dunia.

Dalam beberapa tahun terakhir, Belgia menjadi salah satu negara Eropa yang selalu melahirkan bintang sepak bola top dunia.

Hal itu berimbas baik terhadap masa depan Tim Nasional mereka yang sering disebut sebagai generasi emas.

Sebut saja Belgia punya Kevin De Bruyne, raja assist di Liga Inggris bersama Manchester City. Ada juga Romelu Lukaku bomber tajam di Liga Italia.

Serta kiper tangguh Thibaut Courtois yang berhasil membawa Real Madrid meraih double winner musim lalu, saat memenangkan Liga Champions dan Liga Spanyol.

Namun sayangnya meski mempunyai banyak pemain berkualitas, Belgia justru belum bisa berbicara banyak di level internasional.

Belum ada prestasi mengesankan yang mereka dapatkan, bahkan hingga para pemain bintangnya itu mulai memasuki usia tua bagi pesepakbola.

Piala Dunia 2022 mungkin bisa jadi kesempatan terakhir bagi generasi emas Belgia ini, karena para pemain bintangnya mulai dimakan usia yang berimbas terhadap performanya di lapangan rentan cedera.

Di Piala Dunia 2022 sendiri, Belgia kesulitan. Mereka terancam gagal lolos ke babak 16 besar karena saat ini menempati posisi ke-3.

Tim besutan Roberto Martinez itu diwajibkan menang di laga terakhir melawan Kroasia, jika tidak ingin tersingkir.

Belgia dengan para pemain hebatnya tapi gagal mendatangkan prestasi untuk tim nasional, bukanlah satu-satunya negara dengan sebutan Generasi Emas yang gagal. Sebelumnya sudah ada, siapa saja?