Piala Dunia 2022

5 Pemain dengan Rekor Gol Terbanyak dalam 1 Pertandingan di Piala Dunia

Jumat, 2 Desember 2022 16:25 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© FIFA
Aksi striker legendaris Rusia, Oleg Salenko, dalam pertandingan Piala Dunia kontra Kamerun, 28 Juni 1994. Copyright: © FIFA
Aksi striker legendaris Rusia, Oleg Salenko, dalam pertandingan Piala Dunia kontra Kamerun, 28 Juni 1994.

INDOSPORT.COM - Mencetak gol di pertandingan Piala Dunia tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Apalagi, jika sang pemain mampu mencetak banyak gol dalam satu laga.

Sebagaimana diketahui, Piala Dunia adalah turnamen yang mengandung berbagai banyak rekor. Inilah yang membuat turnamen empat tahunan ini semakin menarik.

Salah satu rekor yang tercipta adalah seorang pemain dengan jumlah gol terbanyak dalam satu pertandingan.

Mencetak brace maupun hat-trick saja sudah sangat sulit di Piala Dunia. Tetapi, kategori ini bahkan mencatatkan para pemain yang mencetak lebih dari tiga gol.

Untuk itu, berikut lima pemain dengan rekor gol terbanyak dalam satu pertandingan Piala Dunia.

Oleg Salenko - 5 gol

Peringkat teratas dimiliki oleh Oleg Salenko, striker Rusia, dengan rekor lima gol. Rekor ini diciptakannya saat Rusia menang 6-1 atas Kamerun di Piala Dunia 1994.

Dalam laga penyisihan grup tersebut, Salenko mencetak hat-trick di babak pertama, termasuk gol penalti menjelang istirahat turun minum.

Salenko, yang saat itu berusia 25 tahun, kembali mencetak gol pada menit ke-72 dan ke-75. Sedangkan, gol tunggal Kamerun dicetak oleh Roger Milla.

Di sisi lain, gol tunggal Milla itu rupanya juga menjadi rekor tersendiri, yakni menjadi pemain tertua yang mencetak gol di Piala Dunia dengan usia 42 tahun 1 bulan delapan hari.