Piala Dunia 2022

Libas Spanyol dan Jerman, 3 Kunci Sukses Jepang Juarai Grup E Piala Dunia 2022

Jumat, 2 Desember 2022 09:05 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
© REUTERS/Dylan Martinez
Tampil ganas melawan raksasa Spanyol dan Jerman, berikut adalah tiga kunci kesuksesan timnas Jepang juara Grup E dan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Copyright: © REUTERS/Dylan Martinez
Tampil ganas melawan raksasa Spanyol dan Jerman, berikut adalah tiga kunci kesuksesan timnas Jepang juara Grup E dan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

INDOSPORT.COM – Tampil ganas melawan raksasa Spanyol dan Jerman, berikut adalah tiga kunci kesuksesan timnas Jepang juara Grup E dan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Tim Samurai Biru julukan timnas Jepang mengikuti jejak Australia sebagai dua tim Asia yang sukses melaju ke babak 16 besar perhelatan akbar sepak bola Piala Dunia 2022.

Jepang yang dinakhodai pelatih Hajime Moriyasu memastikan diri lolos ke fase gugur usai mengalahkan Spanyol dengan skor 2-1 pada matchday ketiga Grup E Piala Dunia 2022, Jumat (02/12/22) dini hari WIB.

Berlangsung di Stadion Khalifa International, sejatinya timnas Jepang sempat tertinggal pada babak pertama setelah andalan Spanyol, Alvaro Morata mencetak gol pada menit ke-11.

Namun Timnas Jepang sukses melakukan comeback dalam waktu tiga menit yang menakjubkan dan mengejutkan pertandingan.

Dua gol Jepang yang membalikkan keadaan, sukses dijaringkan oleh Ritsu Doan dan Ao Tanaka. Ritsu Doha mencetak gol pada menit ke-48, dan Ao Tanaka mencetak gol pada menit ke-51.

Keunggulan 2-1 Timnas Jepang vs Spanyol tersebut bertahan sampai peluit panjang wasit berbunyi.. Kesuksesan tersebut sekaligus memperpanjang kejutan yang dihadirkan timnas Jepang di Piala Dunia 2022.

Karena sebelumnya, mereka juga bisa mempermalukan raksaksa Jerman dengan skor 2-1 di matchday pertama Grup E.  Saat itu, Jerman unggul terlebih dahulu, namun Jepang comeback pada babak kedua.

Satu-satunya kekalahan Timnas Jepang justru terjadi saat menghadapi tim nonunggulan, Kosta Riska, pada matchday kedua. Tampil agresif, Jepang harus rela kalah 0-1.

Lantas apa saja resep keberhasilan Timnas Jepang mengalahkan Jerman hingga Spanyol yang tak lain adalah para kandidat juara Piala Dunia 2022?

Setidaknya ada tiga kunci kesuksesan timnas Jepang hingga berhasil mengangkangi dua kandidat juara Piala Dunia 2022 yakni Jerman dan Spanyol.