Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022: Jepang Libas Spanyol, Gary Neville Tuduh Samurai Biru Main Curang

Jumat, 2 Desember 2022 10:40 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Prio Hari Kristanto
© REUTERS/Susana Vera
Selebrasi para pemain Timnas Jepang usai memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Susana Vera). Copyright: © REUTERS/Susana Vera
Selebrasi para pemain Timnas Jepang usai memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Susana Vera).

INDOSPORT.COM – Mantan pemain timnas Inggris, Gary Neville, menuduh Jepang main curang usai mengalahkan Spanyol di Piala Dunia 2022.

Jepang berhasil mendulang hasil positif dengan melaju ke babak 16 besar dan finis di posisi puncak klasemen usai mengalahkan Spanyol di matchday ketiga Grup E.

Samurai Biru berhasil mencetak sejarah dengan membabat habis dua tim raksasa Eropa, Spanyol dan Jerman, dalam pertandingan fase grup Piala Dunia 2022.

Menariknya, pertandingan Jepang vs Spanyol diwarnai dengan gol kontroversial yang dicetak oleh Ao Tanaka, dan banyak dipertanyakan keabsahannya.

Gol ini dimulai dari umpan Kaoru Mitoma yang berhasil dimanfaatkan dengan sempurna oleh Ao Tanaka. Namun, bola tersebut terlihat seperti keluar lapangan.

Wasit Victor Gomes kemudian mengecek gol tersebut dengan VAR, hinga akhirnya gol tersebut disahkan dan membuahkan kemenangan bagi Jepang.

Namun, gambar-gambar dan video momen bola kontroversial menjadi viral di sosial media. Banyak pihak menganggap gol Jepang tidak sah karena bola jelas keluar lapangan.

Salah satunya adalah legenda Manchester United sekaligus mantan pemain timnas Jerman, Gary Neville yang mencurigai gol kedua milik Jepang itu.

Meski hanya membubuhkan emoji mata melirik melalui akun Twitternya, Gary Neville nampak memberikan isyarat dirinya heran dan curiga dengan keputusan VAR dan wasit.

Kendati demikian, Jepang memang dinilai patut lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Performa Samurai Biru dalam laga kontra Spanyol terbilang gemilang.