Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022: Pulangnya Belgia dan Jerman Jadi Pelajaran, Southgate Peringatkan Timnas Inggris

Sabtu, 3 Desember 2022 20:50 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Isman Fadil
© REUTERS/Annegret Hilse
Gareth Southgate peringatkan Timnas Inggris untuk jadikan pulangnya Belgia dan Jerman sebagai pelajaran jelang 16 besar Piala Dunia 2022 kontra Senegal. Copyright: © REUTERS/Annegret Hilse
Gareth Southgate peringatkan Timnas Inggris untuk jadikan pulangnya Belgia dan Jerman sebagai pelajaran jelang 16 besar Piala Dunia 2022 kontra Senegal.

INDOSPORT.COMGareth Southgate peringatkan Timnas Inggris untuk jadikan pulangnya Belgia dan Jerman sebagai pelajaran jelang 16 besar Piala Dunia 2022 kontra Senegal.

Selain Timans Inggris, Belgia dan Jerman jelas merupakan salah dua tim yang mempunyai skuad mumpuni di Piala Dunia 2022.

Sayangnya, Setan Merah dan Die Mannschaft harus pulang lebih awal di babak fase grup setelah finis di peringkat ketiga di grup masing-masing.

Walaupun Timnas Belgia masih dihuni oleh beberapa generasi emasnya, tentu saja Setan Merah tetap menjadi tim favorit yang bisa melaju ke 16 besar dengan mulus.

Akan tetapi, perpecahan internal tim tampaknya menjadi alasan besar mengapa Timnas Belgia yang setidaknya masih dianggap hebat untuk lolos 16 besar Piala Dunia 2022, malah tereliminasi.

Di sisi lain, Jerman pun mengalami nasib serupa dengan Belgia yang mana mereka gagal lolos walaupun Die Mannschaft begitu difavoritkan lolos bersama Timnas Spanyol.

Kekalahan melawan Jepang dan hasil imbang melawan La Furia Roja menjadi alasan mengapa skuad besutan Hansi Flick ini akhirnya gagal lolos ke 16 besar Piala Dunia dua kali secara beruntun.

Baik Belgia maupun Jerman jelas mempunyai banyak hal yang perlu dievaluasi agar kedua negara tersebut juga segera berbenah memperbaiki kesalahan yang ada.

Di sisi lain, Gareth Southgate memperingatkan Timnas Inggris untuk menjadikan kepulangan Jerman dan Belgia yang lebih awal itu sebagai pelajaran untuk menghadapi babak 16 besar Piala Dunia 2022.