Piala Dunia 2022

Hasil Pertandingan Piala Dunia 2022 Prancis vs Polandia: Mbappe dan Giroud Bawa Le Bleus ke 8 Besar

Minggu, 4 Desember 2022 23:59 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Hendro Hardiyanto
Laga babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Prancis vs Polandia pada Minggu (04/12/22) malam di Al Thumama Stadium sukses dimenangkan Les Blues 3-1. Copyright: © Hendro Hardiyanto
Laga babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Prancis vs Polandia pada Minggu (04/12/22) malam di Al Thumama Stadium sukses dimenangkan Les Blues 3-1.

INDOSPORT.COM - Laga babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Prancis vs Polandia pada Minggu (04/12/22) malam di Al Thumama Stadium sukses dimenangkan Les Blues 3-1 berkat gol dari Olivier Giroud dan Kylian Mbappe (2) yang hanya bisa dibalas sekali oleh penalti Robert Lewandowski.

Dengan ini sang juara bertahan berhak untuk melaju ke perempat final dan nantinya akan menghadapi pemenang dari laga Inggris vs Senegal.

Polandia memang harus angkat koper dari katar namun The Orly sudah memenuhi ekspektasi publik dengan melaju sampai ke fase gugur.

Dengan kualitas tim yang lebih baik, Prancis bisa menekan Polandia sejak menit awal dan bisa saja membuka keunggulan di menit 29 apabila Olivier Giroud tidak melewatkan kesempatan emas menjebol gawang terbuka karena gagal menyambar crossing matang Ousmane Dembele.

Giroud kemudian membayar kesalahannya sendiri dengan mencetak gol hanya semenit sebelum waktu normal di babak pertama usai dengan menyontek ke tiang jauh assist dari Kylian Mbappe.

© REUTERS/Hannah Mckay
Selebrasi Striker Timnas Prancis, Olivier Giroud usai cetak gol ke gawang Polandia dalam laga babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Hannah Mckay). Copyright: REUTERS/Hannah MckaySelebrasi Striker Timnas Prancis, Olivier Giroud usai cetak gol ke gawang Polandia dalam laga babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Hannah Mckay).

Lesakan tersebut sekaligus menempatkan sang bomber gaek 35 tahun sebagai top skor sepanjang masa Prancis dengan 52 gol menggusur Thierry Henry. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Di babak kedua situasi tidak banyak berubah. Polandia masih berada di bawah tekanan namun mereka tidak berniat kalah dengan memasukkan striker tambahan, Arkadiusz Milik dan Nicola Zalewski.

Hanya saja justru Prancis kemudian memperlebar jarak skor di menit ke-74 via gol Mbappe. Tendangan kerasnya dari tepi kotak penalti gagal dibaca kiper Wojciech Szczesny yang tidak menyangka bola akan meroket ke bagian atas gawangnya.

Saat laga sudah memasuki masa injury time dan penonton mengira tidak ada lagi gol tambahan yang tercipta, Kylian Mbappe justru melengkapi brace hasil kombinasi dengan Marcus Thuram dan memantapkan posisinya sebagai top skor sementara Piala Dunia 2022.

Handball Dayot Upamecano di kotak terlarang membuat Polandia dihadiahi penalti di detik-detik penghabisan yang sukses dieksekusi Robert Lewandowski. Laga Prancis vs Polandia pun berakhir dengan skor 3-1.

Susunan Pemain Prancis vs Polandia di Piala Dunia 2022

Prancis (4-2-3-1): Hugo Lloris, Jules Kounde, Raphael Varane, Dayot Upamecano, Theo Hernandez, Aurelien Tchouameni, Adrien Rabiot, Ousmane Dembele, Antoine Griezmann, Kylian Mbappe, Olivier Giroud

Cadangan: Steve Mandanda, Alphonse Areola, Benjamin Pavard, Axel Disasi, Youssouf Fofana, William Saliba, Ibrahima Konate, Matteo Guendouzi, Jordan Veretout, Eduardo Camavinga, Randal Kolo Muani, Kingsley Coman, Marcys Thuram

Polandia (4-5-1): Wojciech Szczesny, Matty Cash, Kamil Glik, Jakub Kiwior, Bartosz Bereszynski, Grzegorz Krychowiak, Jakub Kaminski, Piotr Zielinski, Sebastian Szymanski, Przemyslaw Frankowski, Robert Lewandowski

Cadangan: Lukasz Skorupski, Kamil Grabara, Artur Jedrzejczyk, Mateusz Wieteska, Jan Bednarek, Robert Gumny, Krystian Bielik, Damian Szymanski, Kamil Grosicki, Szymon Zurkowski, Nicola Zalewski, Michal Skoras, Arkadiusz Milik, Karol Swiderski, Krzysztof Piatek

Artikel ini disponsori oleh AICE Official Ice Cream untuk FIFA World Cup Qatar 2022.