Piala Dunia 2022

Mengenang Kisah Indonesia Jadi Negara Asia Pertama di Piala Dunia

Minggu, 4 Desember 2022 13:46 WIB
Editor: Juni Adi
© Dok. Nationaal Archief
Timnas Indonesia pernah menjadi bagian dari Piala Dunia karena pernah tampil di putaran final edisi ketiga. Copyright: © Dok. Nationaal Archief
Timnas Indonesia pernah menjadi bagian dari Piala Dunia karena pernah tampil di putaran final edisi ketiga.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia pernah menjadi bagian dari Piala Dunia karena pernah tampil di putaran final edisi ketiga.

Publik sepak bola tengah dimeriahkan dengan tontonan menarik adanya Piala Dunia 2022. Sebanyak 32 negara peserta berjuang memperebutkan gelar juara.

Dimulai sejak 20 November 2022 di Qatar, Piala Dunia 2022 sudah berlangsung selama 15 hari. Artinya saat ini sudah memasuki babak 16 besar.

Adapun tim-tim yang lolos yakni Belanda, Amerika Serikat, Argentina , Australia, Jepang, Kroasia, Brasil, Korea Selatan..

Prancis, Polandia, Inggris, Senegal, Maroko, Spanyol, Portugal, dan Swiss. Sebagaian pertandingan sudah berlangsung.

Timnas Indonesia Lolos Piala Dunia

Belanda unggul 3-1 atas Amerika Serikat, dan Argentina menang tipis 2-1 atas Australia. Di tengah euforia pesta sepak bola, publik dibuat nostalgia.

Karena Timnas Indonesia pernah tampil di Piala Dunia pada edisi 1938 yang berlangsung di Prancis, melibatkan 15 negara dari empat konfederasi.

Namun pada saat itu Indonesia masih menggunaan nama Hindia Belanda saat mewakili Asia, di bawah naungan Persatuan Sepak Bola Hindia Belanda (NIVU) atau PSSI saat ini.

Naas bagi Indonesia. Karena di babak awal mereka sudah bertemu dengan Hungaria.

Menggunakan jersey warna oranye, Hindia Belanda atau Indonesia tunduk 0-6 dari Hungaria, di Stadion Velodrome pada 5 Juni 1938 di Kota Reims, Prancis.

Kiper Hindia Belanda Mo Heng harus rela gawangnya dihujani gol pada menit ke-13, 15, 28, dan 35. Di babak kedua, gawang Mo Heng kembali dijebol dua kali oleh penyerang Hungaria.

Hindia Belanda pun gagal melaju ke babak selanjutnya lantaran saat itu Piala Dunia menggunakan sistem gugur.

Sudah Diakui FIFA

Catatan sejarah itu juga rupanya diakui oleh federasi sepakbola dunia (FIFA). Melalui akun twitter resminya, FIFA memposting sebuah tanya jawab melalui akun @FIFAWorldCup.

Pertanyaan tersebut adalah, "Tim Asia manakah yang pertama kali tampil di Piala Dunia?." Kemudian mereka menjawab, "Hindia Belanda, yang sekarang dikenal dengan Indonesia, tampil di Piala Dunia 1938 di Prancis." 

Tetapi kelolosan Indonesia sendiri layaknya sebuah hadiahkarena tidak melalui proses kualifikasi dan kebetulan negara yang semula mendapat tawaran berhalangan hadir.

Dalam Piala Dunia 1938, Asia memang diberikan jatah satu tempat di putaran final Piala Dunia saat itu, dan hanya dua tim yang memperebutkannya, sebelum kemudian Jepang mengundurkan diri karena perang. 

Terlepas dari itu, kini benua Asia menuai hasil manis dari para wakilnya di Piala Dunia 2022 ini. Sebanyak tiga negara lolos ke babak 16 besar yakni Jepang, Korea Selatan, dan Australia.

Artikel ini disponsori oleh KACANG DUA KELINCI, teman nonton bola.