Liga Indonesia

Usai Permalukan PSIS, PSIM Yogyakarta Dipuji karena Kembali Sulitkan Klub Liga 1

Minggu, 4 Desember 2022 18:15 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
© PSIM Yogyakarta
Usai kalahkan PSIS Semarang, PSIM Yogyakarta menahan imbang Barito Putera dalam laga uji coba. Copyright: © PSIM Yogyakarta
Usai kalahkan PSIS Semarang, PSIM Yogyakarta menahan imbang Barito Putera dalam laga uji coba.

INDOSPORT.COM - Pelatih PSIM Yogyakarta, Erwan Hendarwanto, puas dengan performa timnya saat uji coba lawan Barito Putera. Laga di Lapangan YIS, Sleman, Sabtu (03/12/22), berakhir imbang 1-1.

PSIM cukup diuntungkan dengan sistem bubble yang terpusat di Jawa Tengah dan DIY. Tercatat anak-anak Laskar Mataram sudah tiga kali melawan tim Liga 1.

Setelah imbang 0-0 dengan Borneo FC dan menang atas PSIS Semarang 2-1, kini PSIM menahan Barito Putera 1-1.

PSIM unggul lebih dahulu lewat gol bunuh diri Rendy Saputra menit ke-20, sebelum kemudian disamakan Kahar Kalu Muzakkar menit ke-58.

Erwan Hendarwanto cukup puas dengan jalannya uji coba ini. Bukan saja soal hasil akhir, namun dalam laga ini PSIM bisa tampil konsisten meski menampilkan skuat berbeda dalam dua babak.

"Satu apresiasi ke pemain bahwa sekarang mereka mulai menemukan kepercayaan diri. Secara mentalitas, mereka melawan tim liga 1 bisa memberikan perlawanan, semangat juang dan motivasi mereka terus terjaga," kata Erwan.

PSIM tak sekadar memberi kesempatan kepada banyak pemain dalam uji coba melawan Barito Putera.

PSIM juga bisa menguji strategi baru. Strategi tiga pemain belakang coba dimaksimalkan sebagai variasi ketika Liga 2 2022/2023 dilanjutkan lagi.

"Kita coba skema baru, tidak hanya dengan skema baku kita 4-3-3 atau 4-2-3-1, tadi kita juga coba dengan 3-4-3 atau 3-5-2 dan itu bisa dilakukan dengan baik meskipun ada beberapa yang memang harus kita perbaiki," tutur Erwan.