Liga Indonesia

Kegigihan Ketum PSSI Membuat Lanjutan Liga 1 Musim 2022/2023 Akhirnya Bergulir

Senin, 5 Desember 2022 21:17 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© PSSI
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat hadir pada laga lanjutan Liga 1 di Stadion Manahan Solo, Senin (05/12/22). Copyright: © PSSI
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat hadir pada laga lanjutan Liga 1 di Stadion Manahan Solo, Senin (05/12/22).

INDOSPORT.COM - Kelanjutan Liga 1 putaran pertama musim 2022/2023 akhirnya secara serempak digelar mulai Senin (05/12/22) sore.

Kompetisi bergulir dengan menggunakan sistem bubble di DI Yogyakarta dan Jawa Tengah namun tanpa dihadiri penonton, lantaran imbas dari tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober lalu. 

Adapun empat Stadion telah ditunjuk oleh PT LIB sebagai venue lanjutan Liga 1 2022/2023 sistem bubble ini, seperti Stadion Jatidiri (Semarang), Stadion Maguwoharjo (Sleman), Stadion Manahan (Solo) dan Stadion Sultan Agung (Bantul).

Keberlangsungan Liga 1 ini terjadi setelah keluarnya ijin dari Kepolisian ditambah pengumuman yang dilakukan oleh Menko Polhukam Mahfud MD, Menpora Zainudin Amali dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada Senin (05/12/22) sore, sehingga kian menguatkan keberlanjutan Liga 1.

"Tentunya dari awal Kepolisian Republik Indonesia sangat mendukung iklim kompetisi dan kegiatan olahraga khususnya sepakbola di Indonesia," ucap Kapolri saat menggelar konferensi pers bersama dengan Menko Polhukam Mahfud MD dan Menpora Zainudin Amali.

Terkait dengan adanya peristiwa beberapa waktu yang lalu di Kanjuruhan dan adanya perintah dari Presiden Jokowi, Kapolri menambahkan pihaknya melakukan evaluasi secara tuntas dari penyelenggaraan hingga kesiapan dari stadion serta sistem pengamanan. 

"Maka kami telah melakukan rapat koordinasi beberapa kali dengan kementerian terkait untuk melakukan perbaikan sesuai dengan arahan Bapak Presiden, termasuk khusus Polri beberapa waktu telah mengeluarkan Perpol no 10 tahun 2022 terkait tentang pengamanan olahraga dan di dalamnya termasuk pengamanan penyelenggaraan sepakbola," tuturnya. 

"Sesuai dengan kesepakatan, maka kami Polri mendukung untuk dilanjutkannya sisa kompetisi serta mendukung pelaksanaan kegiatan sepakbola," tambah Kapolri.