Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022: 3 Faktor Jepang Patut Diwaspadai oleh Kroasia

Senin, 5 Desember 2022 07:38 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© REUTERS/Susana Vera
Selebrasi para pemain Timnas Jepang usai memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Susana Vera). Copyright: © REUTERS/Susana Vera
Selebrasi para pemain Timnas Jepang usai memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Susana Vera).

INDOSPORT.COM – Kroasia patut mewaspadai permainan dari Jepang saat keduanya bertemu di babak 16 besar Piala Dunia 2022, Senin (05/12/22) pukul 22:00 WIB malam nanti di Stadion Al Janoub.

Tak dapat dipungkiri, di atas kertas, Timnas Kroasia pastinya jauh lebih diunggulkan dalam pertandingan nanti.

Selain unggul dalam kualitas pemain yang dimiliki seperti Luka Modric, Mateo Kovacic, hingga Ivan Perisic, Kroasia juga menyandang statut runner up Piala Dunia edisi terakhir, sehingga kesolidan dan kekompakan mereka tentu masih terus terjaga, bahkan berkembang.

Meski diunggulkan, namun tetap saja tim besutan Zlatko Dalic itu tak boleh menganggap remeh Tim Samurai Biru.

Terlebih, di ajang Piala Dunia 2022, Timnas Jepang sudah menciptakan momen ikonik dengan hasil akhir yang mengejutkan kala bermain di fase grup.

Salah sedikit saja bisa membuat mereka kewalahan menghadapi perlawanan dari Jepang yang memiliki semangat tinggi dan mental pemenang yang baik.

Setidaknya, ada tiga faktor yang patut diwaspadai oleh Luka Modric cs saat pertandingan malam nanti.

Taklukan Juara Dunia

© REUTERS/Dylan Martinez
Selebrasi para pemain Timnas Jepang usai memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto:REUTERS/Dylan Martinez). Copyright: REUTERS/Dylan MartinezSelebrasi para pemain Timnas Jepang usai memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto:REUTERS/Dylan Martinez).

Jepang mampu mengalahkan dua juara dunia sekaligus dalam fase grup. Ya, bermain di Grup E, Jepang tergabung bersama dua juara dunia, yakni Spanyol (Juara Piala Dunia 2010) dan Jerman (Juara Piala Dunia 2014), serta Kosta Rika.

Harus diakui, saat hasil drawing telah selesai dilakukan pada April 2022 kemarin, Jepang sama sekali tak diunggulkan bersama Kosta Rika.

Wajar, mengingat keberadaan Jerman dan Spanyol membuat mereka tak difavoritkan tembus ke babak penyisihan.

Namun siapa yang sangka? Mereka mampu menciptakan kejutan pada laga pertama saat melawan Jerman.

Tim besutan Hajime Moriyasu ini berhasil menang dengan skor 2-1. Kemudian di laga akhir, dengan skor yang sama juga mereka berhasil bekuk Jerman sekaligus memulangkan salah satu tim kandidat juara di Piala Dunia 2022 tersebut.

Dengan demikian, semangat, motivasi, dan percaya diri yang amat tinggi pastinya sedang menyelimuti para pemain Jepang.

Jika melawan Spanyol dan Jerman saja mereka bisa tampil menyerang dan menyulitkan, tentunya mereka juga bisa melakukannya kembali saat melawan Kroasia.