In-depth

Daftar Top Skor Piala AFF Sepanjang Masa: Ada 2 Legenda Timnas Indonesia

Selasa, 6 Desember 2022 19:45 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Fandom.id
Legenda Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto. Copyright: © Fandom.id
Legenda Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto.

INDOSPORT.COM - Berikut daftar top skor Piala AFF sepanjang masa, termasuk ada dua legenda Timnas Indonesia yaitu Kurniawan Dwi Yulianto dan Bambang Pamungkas.

Seperti diketahui, sebentar lagi fans Timnas Indonesia akan menyaksikan kebanggaannya beraksi di Piala AFF 2022. Ajang ini bakal digelar pada 23 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023 mendatang.

Timnas Indonesia sendiri tegabung ke dalam Grup A bersama Thailand, Brunei Darussalam, Filipina dan Kanboja. Pasukan Shin Tae-yong memiliki peluang besar lolos ke semifinal, karena AFF telah menunjuk mereka sebagai tuan rumah Grup A.

Jelang Piala AFF 2022, Shin Tae-yong telah memanggil 28 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan di Bali sejak 28 November 2022 lalu.

Uniknya, Shin Tae-yong dengan berani merombak skuat dengan mencoret beberapa nama seperti Evan Dimas hingga Ezra Wallian.

Alasan terbesar mereka dicoret karena menurunnya performa di klub. Meski begitu, fans Garuda tetap tidak panik karena Timnas Indonesia baru saja memiliki pemain dua naturalisasi baru yakni Sandy Walsh dan Jordi Amat.

Dengan adanya mereka, Timnas Indonesia diprediksi bisa terbang lebih tinggi dengan meraih gelar juara Piala AFF untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Sementara itu, sebelum Piala AFF 2022 dimulai, ada baiknya kalian mengetahui siapa saja pemain paling gacor sepanjang masa di gelaran tersebut. Berikut rangkumannya:

1. Teerasil Dangda - Thailand

Piala AFF 2020 yang digelar pada Desember 2021 lalu membuat Teerasil Dangda sukses mencetak sejarah besar. Ia sukses mengantongi empat gol pada edisi tahun lalu.

Hal ini membuat Teerasil Dangda mampu melewati rekor dari eks striker SIngapura, Noh Alam Shah. Dirinya tercatat telah mencetak 19 gol untuk skuat Gajah Perang sejak ikut di edisi 2008 lalu. 

Total 19 gol yang dicetak Teerasil Dangda bersama Thailand yakni saat Piala AFF 2008 (4 gol), 2012 (5 gol), 2016 (6 gol), dan 2020 (4 gol).