Piala Dunia 2022

Kisah Munir El Haddadi, Khianati Spanyol tapi Dicoret dari Skuad Maroko untuk Piala Dunia 2022

Selasa, 6 Desember 2022 18:06 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Munir El Haddadi, pemain Timnas Maroko. (Foto: [email protected])

INDOSPORT.COM - Berikut kisah Munir El Haddadi yang mengkhianati Timnas Spanyol, tetapi malah dicoret dari skuad Maroko untuk Piala Dunia 2022 Qatar.

Sebagaimana diketahui, pemain bernama lengkap Munir El Haddadi Mohamed kini tercatat sebagai pemain klub LaLiga Spanyol, Getafe. Ia pindah ke klub tersebut dari Sevilla dengan status bebas transfer di bursa transfer musim panas kemarin.

Pada musim 2022-2023 ini, Munir El Haddadi tercatat sudah tampil sebanyak delapan kali di Liga Spanyol dengan menyumbang satu gol bersama Getafe.

Sebelum berseragam Getafe, Pemain berusia 27 tahun tersebut sempat memperkuat Barcelona di musim 2012 hingga 2019 lalu. Namun ketatnya persaingan di kubu Blaugrana membuatnya lebih sering dipinjamkan.

Seperti pada musim 2016-2017 lalu, ia dipinjamkan oleh Barcelona ke Valencia. Setelah kontrak berakhir, dirinya kembali "disekolahkan" ke Alaves untuk musim 2018-2019.

Karena kemampuannya semakin berkembang, Sevilla membelinya di bursa transfer jelang musim 2019-2020. Ia mendapat kontrak dua tahun hingga Juni 2022 lalu.

Pengalamannya bermain di kasta tertinggi Liga Spanyol membuat Maroko kepincut untuk memanggilnya di Piala Dunia 2022. Namun sayang, tiba-tiba nama Munir El Haddadi menghilang dalam daftar pemain.

Sampai saat ini belum diketahui secara jelas alasan mengapa Munir El Haddadi tidak dibawa ke Qatar. Namun pada Piala Dunia 2018 lalu, hal serupa juga terjadi.

Saat itu Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) menolak permintaan Maroko mendaftarkan Munir El Haddadi. Pasalnya, sang pemain sudah pernah memperkuat Spanyol di laga resmi FIFA.

Pemain kelahiran Madrid, Spanyol ini pernah memperkuat La Furia Roja pada Kualifikasi Euro 2016 lalu melawan Makedonia. Saat itu usianya masih menginjak 19 tahun.

Munir El Haddadi masuk dari bangku cadangan menggantikan Koke. Ia tampil selama 13 menit memperkuat tim asuhan Vicente del Bosque.

Dalam aturan FIFA tertulis: "Jika seorang pemain telah bermain untuk sebuah tim nasional dalam suatu pertandingan (baik secara penuh atau sebagian) dalam kompetisi resmi, ia tidak bisa lagi memperkuat timnas negara lain".

Aturan inilah yang kemungkinan menjadi alasan kuat, mengapa Munir El Haddadi tak bisa memperkuat Timnas Maroko dari Piala Dunia 2018 di Rusia.

Barulah, Munir El Haddadi bisa menjalani debutnya bersama Timnas Maroko pada Maret 2021 menyusul adanya peraturan baru FIFA terkait pemain yang mengganti tim nasional di tahun 2020.

Sayang, El Haddadi tidak masuk seleksi akhir skuad Timnas Maroko asuhan Walid Regragui untuk Piala Dunia 2022 di Qatar, meski dirinya kerap tampil reguler bersama Getafe.

Padahal sosok Munir El Haddadi bisa membantu Maroko dalam menyelesaikan babak 16 besar Piala Dunia 2022. Maroko sendiri bakal dihadang oleh Spanyol pada Selasa (06/12/22) pukul 22.00 WIB.

Artikel ini disponsori oleh KACANG DUA KELINCI, teman nonton bola.