Piala Dunia 2022

Ubah Burnley jadi Barcelona, Mantan Jenderal Guardiola jadi Bos Baru Belgia Pasca Piala Dunia 2022?

Rabu, 7 Desember 2022 04:57 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/Albert Gea
Vincent Kompany dirumorkan akan jadi pelatih baru Belgia setelah kegagalan besar negara tersebut di Piala Dunia 2022. (Foto: REUTERS/Albert Gea). Copyright: © REUTERS/Albert Gea
Vincent Kompany dirumorkan akan jadi pelatih baru Belgia setelah kegagalan besar negara tersebut di Piala Dunia 2022. (Foto: REUTERS/Albert Gea).

INDOSPORT.COM - Vincent Kompany dirumorkan akan jadi pelatih baru Belgia setelah kegagalan besar negara tersebut di Piala Dunia 2022.

Pria yang saat ini menukangi Burnley di kasta kedua Liga Inggris tersebut bakal menggantikan Roberto Martinez yang memilih mundur sebagai bentuk tanggung jawab atas 'tragedi' Qatar.

Isu ini dihembuskan oleh media asal Inggris, The Sun, berdasarkan popularitas nama Kompany dalam survei publik untuk menentukan siapa nakhoda Belgia berikutnya.

Mantan pemain Anderlecht, Hamburger SV, dan Manchester City itu jadi salah satu sosok paling diminati masyarakat negeri coklat untuk menangani De Rode Duivels.

Padahal Kompany masih sangat muda untuk ukuran manajer yaitu 36 tahun. Hanya lebih tua dari dua penggawa paling senior Belgia di Piala Dunia 2022 yakni Dries Mertens dan Jan Vertonghen.

Selain Vincent Kompany juga ada Herve Renard yang difavoritkan sebagai suksesor Roberto Martinez.

Juru taktik 54 tahun berkebangsaan Prancis itu memang lebih akrab dengan tugas menangani negara-negara kecil seperti Zambia atau Angola namun pamornya naik drastis setelah Piala Dunia 2022.

Ia mengantarkan Arab Saudi membuat kejutan besar di Qatar dengan menumbangkan Argentina 2-1 di fase grup.

Walau akhirnya The Green Falcons gagal melaju ke babak gugur namun kehebatan Renard begitu berkesan bagi publik luas.

Setelah terbilang sukses dengan melatih banyak tim liliput, mungkin sudah saaatnya bagi Renard untuk menerima tantangan menukangi Belgia.