Piala Dunia 2022

Apa Kabar Byron Moreno? Wasit Paling Kontroversial di Piala Dunia: Penyebab Italia Menangis

Kamis, 8 Desember 2022 18:10 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© The Australian
Byron Moreno merupakan wasit yang menjadi pusat perhatian dalam gelaran Piala Dunia 2002. Hal tersebut dikarenakan keputusan kontroversialnya merugikan Italia. Copyright: © The Australian
Byron Moreno merupakan wasit yang menjadi pusat perhatian dalam gelaran Piala Dunia 2002. Hal tersebut dikarenakan keputusan kontroversialnya merugikan Italia.

INDOSPORT.COM - Byron Moreno merupakan wasit yang menjadi pusat perhatian dalam gelaran Piala Dunia 2002. Hal tersebut dikarenakan keputusan kontroversialnya merugikan Italia.

Tepatnya dalam pertandingan antara Italia melawan Korea Selatan pada babak 16 besar Piala Dunia 2002, Byron Moreno sering mengambil keputusan yang menimbulkan pertanyaan.

Pasalnya, sembilan kartu kuning dan satu kartu merah keluar dari kantong Byron Moreno dalam laga Italia vs Korea Selatan.

Pada akhirnya, pertandingan tersebut secara dramatis dimenangkan oleh Korea Selatan, dengan skor tipis, 2-1. Sehingga, nama Byron Moreno menjadi sosok yang diingat sampai sekarang.

Padahal dalam gelaran Piala Dunia 2002, Gli Azzuri, julukan Timnas Italia, merupakan skuat yang bertabur bintang.

Tercatat, Italia yang kala itu dilatih oleh Giovanni Trapattoni memiliki beberapa pemain seperti, Francesco Totti, Gianluigi Buffon, Paolo Maldini, Gennaro Gatusso, dan Christian Vieri.

Sehingga, kekalahan Italia dari Korea Selatan di babak 16 besar Piala Dunia 2002 bisa dibilang sebagai hasil yang mengejutkan.

Ditambah lagi, Byron Moreno juga membuat keputusan yang kontroversial dengan memberi kartu merah untuk Francesco Totti di menit ke-103.

Mengingat, pada saat itu, Francesco Totti dianggap melakukan diving di area kotak penalty Korea Selatan. Padahal, legenda AS Roma tersebut terlihat dilanggar keras oleh pemain Taeguk Warriors.

Hal tersebut lantas membuat Byron Moreno menjadi perbincangan banyak kalangan, khususnya suporter tim nasional Italia.

Selain karena keputusan kontroversial yang diambil dalam pertandingan Italia vs Korea Selatan, Wasit berpaspor Ekuador tersebut memiliki masalah lain.

Masalah yang muncul di permukaan adalah, Byron Moreno sempat dipenjara karena kasus penyelundupan 6 kg kokain.

Kemudian, Byron Moreno ditangkaan saat menyembunyikan narkoba jenis kokain tersebut di celana dalamnya.

Kasus tersebut pun membuat dirinya semakin memantapkan keputusannya untuk berhenti menjalani karier sebagai wasit, di usianya yang ke-36.

Setelah berhenti menjadi wasit, Byron Moreno meniti karier sebagai komentator olahraga, khususnya sepak bola. Mengingat, dirinya pernah menekuni hal tersebut selama-bertahun-tahun.

Artikel ini disponsori oleh KACANG DUA KELINCI, teman nonton bola.