Piala Dunia 2022

Fakta Menarik Usai Laga Piala Dunia 2022 Kroasia vs Brasil: UNBEATEN Vatreni Berlanjut!

Sabtu, 10 Desember 2022 01:05 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© REUTERS/Hannah Mckay
Selebrasi para pemain Timnas Kroasia usai menang atas Timnas Brasil di Babak Perempatfinal Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Hannah Mckay). Copyright: © REUTERS/Hannah Mckay
Selebrasi para pemain Timnas Kroasia usai menang atas Timnas Brasil di Babak Perempatfinal Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Hannah Mckay).

INDOSPORT.COM – Kroasia berhasil beluk Brasil dalam pertandingan perempatfinal Piala Dunia 2022 dengan skor 4-2 lewat adu penalti setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal, Jumat (09/12/22) di Stadion Edukasi.

Timnas Brasil hampir mendominasi jalannya pertandingan dengan terus membombardir lini pertahanan Kroasia dari kedua sisi lapangan.

Sementara Kroasia yang sadar kualitas skuat mereka tak sebagus Brasil memilih untuk bermain bertahan sambil berupaya melakukan serangan balik yang cepat.

Hasilnya terbilang ampuh, Brasil sama sekali tak mampu mengoyak lini pertahanan mereka meski diserang oleh trio maut, Neymar, Vinicius, dan Richarlison di sepanjang pertandingan.

Kroasia pun bukannya tanpa penyerangan. Memiliki dua playmaker andal yang ada dalam diri sang kapten, Luka Modric dan Mateo Kovacic, tim nasional berjuluk Vatreni beberapa kali mampu mengancam gawang Brasil.

Namun sigapnya Tim Selecao membuat mereka juga tak bisa mendapatkan gol untuk membuka keunggulan. Skor 0-0 pun bertahan di sepanjang pertandingan waktu normal yang memaksa laga harus dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Di perpanjangan waktu babak pertama, Brasil tak menurunkan tempo permainan mereka. Sebaliknya, tim besutan Tite ini semakin trengginas dalam membangun serangan.

Usaha mereka mencari gol pun membuahkan hasil di menit akhir perpanjangan waktu babak pertama.

Adalah pemain megabintang mereka, Neymar Jr. yang berhasil memecah kebuntuan lewat golnya yang memanfaatkan umpan terobosan dari Lucas Paqueta di menit ke-105+1.

Tertinggal 0-1 tak membuat para pemain Kroasia patah arang, sebaliknya Timnas Kroasia menjadi panas dengan terus-menerus melakukan tekanan yang dibangun dari serangan balik.

Usaha mereka untuk menyamakan kedudukan pun berhasil di menit ke-117 lewat gol Bruno Petkovic yang mengubah kedudukan menjadi berimbang 1-1 dan memaksa pertandingan dilanjutkan ke adu penalti.

Dalam drama adu penalti, Timnas Kroasia berhasil menang dengan skor 4-2 atas Timnas Brasil di Babak Perempatfinal Piala Dunia 2022.