Piala Dunia 2022

Gagal di Piala Dunia 2022, Louis van Gaal Putuskan Mundur Sebagai Pelatih Belanda

Sabtu, 10 Desember 2022 22:18 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Subhan Wirawan
© Lars Baron - FIFA/FIFA via Getty Images
Louis van Gaal secara resmi telah mengkonfirmasi pengunduran dirinya dari kursi pelatih Belanda setelah tersingkir di perempat final Piala Dunia Copyright: © Lars Baron - FIFA/FIFA via Getty Images
Louis van Gaal secara resmi telah mengkonfirmasi pengunduran dirinya dari kursi pelatih Belanda setelah tersingkir di perempat final Piala Dunia

INDOSPORT.COM – Louis van Gaal secara resmi telah mengkonfirmasi pengunduran dirinya dari kursi pelatih Belanda setelah tersingkir dari Argentina di perempat final Piala Dunia 2022.

Belanda baru saja harus mengakui keunggulan Argentina di babak perempat final Piala Dunia 2022 setelah dikalahkan lewat babak adu penalti dengan skor, 4-3.

Kedua kesebelasan harus menjalani penentuan lewat babak adu penalti setelah 120 menit waktu normal, mereka bermain imbang 2-2.

Baik Belanda maupun Argentina sebenarnya mampu menunjukkan penampilan agresif sejak awal pertandingan. Jual beli serangan pun kerap ditunjukkan kedua tim.

La Albiceleste, julukan Argentina, mampu unggul terlebih dahulu saat pertandingan memasuki menit ke-35’ melalui aksi Nahuel Molina.

Tak puas dengan satu gol, Argentina kemudian menggandakan keunggulan mereka saat pertandingan memasuki babak kedua.

Tepatnya pada menit ke-73’. Memanfaatkan pelanggaran di dalam kotak penalti oleh pemain bertahan Belandan, Lionel Messi yang ditunjuk sebagai algojo penalti sukses melaksanakan tugasnya.

Tertinggal, Belanda yang saat itu mengusahkan diri untuk lolos ke semi final langsung melakukan perubahan strategi. Hasilnya, pada menit ke-83’, Wout Weghorst berhasil menjebol gawang Argentina yang dijaga Emiliano Martinez.

Saat kemenangan Argentina sudah di depan mata, Weghorts kembali menjadi mimpi buruk. Sepakannya di menit 90+11 membuat Belanda berhasil menyamakan kedudukan dan pertandingan akhirnya harus ditentukan lewat babak perpanjangan waktu hingga adu penalti.

Pada babak adu penalti dua penendang Belanda, Virgil van Dijk dan Seteven Berghuis gagal melaksanakan tugasnya dengan baik. Akhirnya, Argentina berhasil menutup pertandingan di babak adu penalti dengan kemenangan, 4-2, dan memastikan diri ke semi final Piala Dunia 2022.