Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022: 3 Alasan Maroko Bisa Permalukan Portugal

Sabtu, 10 Desember 2022 05:51 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© REUTERS/Bernadett Szabo
Selebrasi para pemain Maroko usai menang atas Spanyol dalam drama adu penalti di babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Bernadett Szabo). Copyright: © REUTERS/Bernadett Szabo
Selebrasi para pemain Maroko usai menang atas Spanyol dalam drama adu penalti di babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Bernadett Szabo).

INDOSPORT.COM – Timnas Maroko diyakini bisa kembali ciptakan kejutan dengan mengalahkan Timnas Portugal di Babak Perempatfinal Piala Dunia 2022.

Timnas Maroko kini menjadi satu-satunya tim non-unggulan yang masih bertahan di Piala Dunia 2022. Mereka sebelumnya sukses membungkam tim unggulan, Spanyol di babak 16 besar.

Di Babak Perempatfinal nanti, Timnas Maroko pun kembali bertemu dengan salah satu tim unggulan yang diperkuat oleh pemain megabintang Cristiano Ronaldo, yakni Timnas Portugal.

Meski tak diunggulkan, Timnas Maroko nyatanya punya tiga alasan kuat yang diyakini bisa membuat mereka menang atas Portugal.

Pertama: Tangguhnya Lini Pertahanan Timnas Maroko

Harus diakui jika Timnas Maroko mempunyai dinding pertahanan yang sangat kuat. Bisa dikatakan, di sepanjang pertandingan Piala Dunia 2022.

Tim nasional berjuluk Singa Atlas ini memang selalu bermain ultra-defensive yang membuat lawannya frustasi dalam membangun serangan karena mereka benar-benar menumpuk para pemainnya di belakang.

Belgia dan Spanyol menjadi contohnya. Kedua tim ini mampu mendominasi penuh jalannya pertandingan, mereka tiada henti menggencarkan serangan, sementara Maroko hanya bertahan total sambil sesekali melakukan serangan balik.

Apakah taktik mereka ini salah? Jawabannya tentu saja tidak. Pelatih sensasional di dunia, Jose Mourinho pun sering menggunakan taktik ini.

Bahkan, saat ia membesut Chelsea, dirinya pernah membungkam para pengkritik yang menilai gaya bermainnya.

Ia mengatakan jika ada tim bagus yang dipuji karena permainan menyerang, mengapa tak ada yang memuji untuk tim yang bagus dalam bertahan?

Situasi inilah yang bisa jadi patokan bagi Maroko yang memiliki dinding pertahanan yang kuat.