Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022: Dominik Livakovic Catatkan Rekor Usai Gagalkan Penalti Brasil

Sabtu, 10 Desember 2022 03:29 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Yohanes Ishak
© REUTERS/Matthew Childs
Kiper Timnas Kroasia, Dominik Livakovic saat menepis tendangan penalti dari pemain Brasil, Rodrygo di Babak Perempatfinal Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Matthew Childs). Copyright: © REUTERS/Matthew Childs
Kiper Timnas Kroasia, Dominik Livakovic saat menepis tendangan penalti dari pemain Brasil, Rodrygo di Babak Perempatfinal Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Matthew Childs).

INDOSPORT.COM – Kiper timnas Kroasia, Dominik Livakovic baru saja mencatatkan rekor usai menggagalkan penalti Rodrigo di perempat final Piala Dunia 2022 melawan Brasil.

Kroasia baru saja membuat kejutan di perempat final Piala Dunia 2022. Wakil Eropa tersebut berhasil memulangkan tim kuat Brasil lewat babak adu penalti dengan skor, 4-2, setelah bermain imbang 1-1 selama 120 menit.

Pada pertandingan tersebut, kedua kesebelasan tampak memperlihatkan permainan tak mau kalah sejak menit-menit awal pertandingan.

Tanpa ragu, jual beli serangan pun ditunjukkan oleh Kroasia maupun Brasil. Akan tetapi, hingga 45 menit babak pertama berakhir, kedua tim tetap tidak mampu membuka keunggulan.

Memasuki babak kedua, Brasil yang diunggulkan dalam pertandingan ini mencoba langsung tampil mendominasi. Neymar yang memimpin lini serang tim samba berulang kali membombardir pertahanan Kroasia.

Meski mendominasi, hingga 45 menit babak kedua berakhir Brasil tetap tidak mampu menjebol gawang Kroasia yang dijaga Dominik Livakovic. Pertandingan akhirnya dilanjutkan ke 2x15 menit babak perpanjangan waktu.

Kebuntuan akhirnya pecah saat pertandingan memasuki menit ke-105+1’ melalui aksi Neymar yang berhasil mengelabuhi Dominik Livakovic, 1-0 Brasil memimpin atas Kroasia.

Sedikit lagi memperoleh kemenangan, Brasil justru harus kebobolam lewat Bruno Petkovic di menit 116’ dan membuat pertandingan dilanjutkan lewat babak adu penalti.

Pada babak penalti, dua penendang Brasil, Rodrygo dan Marquinhos gagal menunaikan tugasnya hingga akhirnya membuat ‘Selecao’ tersingkir dari Piala Dunia 2022.

Keberhasilan Kroasia dalam menyingkirkan Brasil ini tak dapat dilepaskan dari kegemilangan Dominik Livakovic di bawah mistar. Bahkan, dalam pertandingan tersebut Livakovic mampu mencatatkan rekor anyar di Piala Dunia.