Piala Dunia 2022

Dominik Livakovic, Si Tangan Sakti Kroasia yang Singkirkan Brasil di Piala Dunia 2022

Sabtu, 10 Desember 2022 02:18 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© REUTERS-Dylan Martinez
Dominik Livakovic jadi pahlawan keberhasilan Kroasia saat tumbangkan Brasil di babak perempat final Piala Dunia 2022, Jumat (09/12/22) malam WIB. Copyright: © REUTERS-Dylan Martinez
Dominik Livakovic jadi pahlawan keberhasilan Kroasia saat tumbangkan Brasil di babak perempat final Piala Dunia 2022, Jumat (09/12/22) malam WIB.

INDOSPORT.COM – Sosok Dominik Livakovic, jadi pahlawan keberhasilan Kroasia saat tumbangkan Brasil di babak perempat final Piala Dunia 2022, Jumat (09/12/22) malam WIB.

Dalam laga yang berlangsung di Education City Stadium tersebut, Dominik Livakovic yang berdiri di bawah mistar gawang Kroasia sukses tampil gemilang dengan menahan sejumlah serangan berbahaya dari Timnas Brasil.

Sepanjang laga berjalan, baik Kroasia maupun Brasil sejatinya sama-sama menunjukkan permainan tak mau menyerah demi meraih tiket ke babak semifinal Piala Dunia 2022.

Akan tetapi, dalam 2x45 menit pertandingan baik Kroasia maupun Brasil gagal membukukan gol hingga pertandingan memasuki babak perpanjangan waktu.

Memasuki perpanjangan waktu, gol akhirnya tercipta. Momen itu terjadi pada menit ke-105+1’ melalui aksi Neymar yang berhasil mengelabui Dominic Livakovic.

Laga sempat hampir berakhir buat kemenangan Brasil, namun secara mengejutkan Kroasia menyamakan kedudukan melalui aksi Bruno Petkovic di menit 116’.

Sepakannya sempat membentur pemain berhasil dan membuat arah bola jadi sulit diantisipasi Alisson Becker. Skor kembali sama kuat 1-1 hingga pertandingan usai dan terpaksa dilanjutkan ke babak adu penalti.

Pada babak adu penalti, Kroasia sukses memastikan tiket ke babak semifinal setelah dua penendang Brasil yakni Rodrygo dan Marquinhos gagal melaksanakan tugasnya dengan baik.

Sementara empat eskekutor Kroasia tanpa hambatan mampu memasukan bola ke gawang Alisson Becker dan membuat mereka menang dengan skor 4-2.

Dibalik keberhasilan Kroasia menumbangkan Brasil di perempat final Piala Dunia 2022, ada peran Dominic Livakovic yang sangat vital dalam menjaga gawang Vatreni.

Meski sempat kebobolan satu gol, namun sepanjang 120 menit bahkan hingga ke babak adu penalti, penampilan kiper berusia 27 tahun itu tetap layak diacungi jempol.