Liga Indonesia

Piala AFF 2022: Timnas Indonesia Pasti Main di GBK, Boleh Ada Penonton?

Selasa, 13 Desember 2022 13:16 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Rumput Stadion GBK sudah 98 persen bisa digunakan. Copyright: © Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Rumput Stadion GBK sudah 98 persen bisa digunakan.

INDOSPORT.COM - Menpora RI Zainudin Amali memastikan timnas Indonesia bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di Piala AFF 2022. Namun, terkait keberadaan suporter masih menunggu izin kepolisian.

Timnas Indonesia sebentar lagi akan mentas di Piala AFF 2022. Turnamen dua tahunan ini berlangsung mulai 20 Desember sampai 16 Januari 2023.

Skuat Garuda tergabung di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam. Kamboja menjadi lawan perdana pada 23 Desember mendatang. 

Setelah itu, pasukan Shin Tae-yong bertandang ke Kuala Lumpur untuk menghadapi Brunei Darussalam (26 Desember), lalu menjamu Thailand (29 Desember) dan ke markas Filipina (2 Januari).

Timnas Indonesia akan menggunakan Stadion Utama GBK sebagai kandang di Piala AFF 2022, namun untuk soal ada suporter atau tidak masih belum menemui titik terang.

Diutarakan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali bahwa untuk izin suporter masih menunggu izin dari pihak kepolisian.

"Kami sedang menunggu izin kepolisian, tapi sudah dipastikan itu akan menggunakan Stadion Utama GBK," kata Zainudin Amali, Selasa (13/12/22).

Menpora menegaskan bahwa nantinya pihak kepolisian tak memberikan izin adanya penonton, maka PSSI tidak bisa memaksakan kehendak mereka.

"Kalau polisi mengizinkan ada penonton, ya ada penonton. Tapi kalau polisi bilang jangan, ya tentu PSSI tak akan memaksakan itu," terang Zainudin Amali.