Liga Indonesia

Liga 1: Bikin Blunder Fatal di Laga Persis vs Persib, Leonardo Bicara Soal Rian Miziar

Minggu, 18 Desember 2022 20:45 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Persis Solo
Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina. (Foto: Persis Solo) Copyright: © Persis Solo
Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina. (Foto: Persis Solo)

INDOSPORT.COM - Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina, tak mau menyalahkan Rian Miziar atas blunder yang membuat timnya kalah dari Persib Bandung 1-2 pada lanjutan Liga 1 2022-2023.

Laskar Sambernyawa sejatinya sangat dominan dalam laga di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu (18/12/22) sore.

Persis Solo benar-benar membuat tim Maung Bandung tak bisa berkutik. Namun, dari sekian banyak peluang, gol Persis Solo baru tercipta menit ke-55.

Kerja sama apik Abduh Lestaluhu dengan Ryo Matsumura diakhiri umpan matang ke depan gawang Persib. Irfan Bachdim yang berdiri bebas mencetak gol menggunakan dadanya.

Setelah unggul, dominasi permainan masih dipegang Persis Solo. Namun, kecerobohan Rian Miziar yang bermain bola di areanya sendiri berakhir fatal.

Bola yang dikuasainya direbut Ciro Alves untuk membuat gawang Gianluca Pandeynuwu bobol menit ke-68. Penderitaan semakin lengkap setelah sundulan Ezra Walian menit ke-92 mengunci kemenangan untuk Persib Bandung.

Usai pertandingan, aktivitas suporter di media sosial Persis Solo sudah bisa ditebak. Semua menyalahkan blunder fatal Rian Miziar yang menghadirkan momentum untuk Persib Bandung.

Ada pula yang menyesalkan kenapa Rian Miziar masih diberi kesempatan tampil hingga menit ke-68. Pasalnya, Rian kerja ekstra keras dalam tiga partai terakhir.

Terkait hal itu, Leonardo Medina melakukan pembelaan terhadap Rian. Menurutnya, Rian diberi kesempatan tampil karena performa dan kerja keras dalam latihan.

"Dia adalah pemain yang bagus. Dia bisa melakukan penguasaan bola, seperti heading, man to man marking dan pekerja keras di lapangan. Anda tidak bisa menilai seorang pemain dari satu kesalahan saja," kata Leonardo usai pertandingan.