Piala Dunia 2022

Emiliano Martinez, Kiper Terbaik Piala Dunia 2022 yang Sempat jadi Korban PHP Arsenal

Senin, 19 Desember 2022 04:54 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS-Paul Childs
Kiper timnas Argentina, Emiliano Martinez, telah dinobatkan sebagai kiper terbaik Piala Dunia 2022. Namun, ada sekelumit kisah unik sang penjaga gawang. REUTERS-Paul Childs Copyright: © REUTERS-Paul Childs
Kiper timnas Argentina, Emiliano Martinez, telah dinobatkan sebagai kiper terbaik Piala Dunia 2022. Namun, ada sekelumit kisah unik sang penjaga gawang. REUTERS-Paul Childs

INDOSPORT.COM – Kiper timnas Argentina, Emiliano Martinez, telah dinobatkan sebagai kiper terbaik Piala Dunia 2022. Namun, ada sekelumit kisah unik sang penjaga gawang.

Gelaran Piala Dunia 2022 akhirnya resmi berakhir setelah satu bulan bergulir dan juara baru dari ajang empat tahunan itu telah ditemukan.

Ya, sang juara tersebut adalah Argentina. La Albiceleste, julukan Argentina, berhasil menumpaskan perlawanan Prancis lewat babak adu penalti dengan skor, 4-2, setelah bermain imbang 3-3 sepanjang waktu normal.

Bermain di Lusail Stadium, Argentina yang sejak awal turnamen sudah dielu-elukan bakan menjuara Piala Dunia 2022 langsung tancap gas.

Alhasil, pada menit ke-22’, Argentina berhasil membuka keunggulan lewat tendangan penalti Lionel Messi. Tak cukup satu gol, pada menit ke-36’, armada Lionel Scaloni menggandakan keunggulannya lewat aksi Angel di Maria.

Namun memasuki babak kedua, kejutan diberikan oleh Prancis. Tim berjuluk Les Bleus tersebut secara mengejutkan mampu menyamakan kedudukan di menit ke-80’dan 81’ melalui aksi Kylian Mbappe.

Pada babak perapanjangan waktu, kembali Argentina memimpin lewat tembakan Lionel Messi di menit 108’. Akan tetapi, Prancis lagi-lagi menyamakan kedudukan lewat aksi Kylian Mbappe di menit 118’.

Imbang 3-3, pertandingan dilanjutkan ke babak penalti. Pada babak ini, kiper Argentina, Emiliano Martinez secara mengejutkan berhasil menggagalkan dua penendang Prancis.

Sedangkan, empat penendang Argentina sukses semua dalam melaksanakan tugasnya dan membuat La Albiceleste menjadi kampiun Piala Dunia 2022.

Atas kegemilangannya tersebut, Emiliano Martinez pun didapuk menjadi kiper terbaik Piala Dunia 2022. Namun, dibalik prestasinya tersebut, Martinez ternyata pernah mengalami nasib pahit dengan kerap dipermainkan Arsenal.