Liga Indonesia

Piala AFF: Shin Tae-yong Sebut Timnas Indonesia Bakal Kesulitan Lawan Kamboja, Kenapa?

Selasa, 20 Desember 2022 18:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Latihan Timnas Indonesia Senior jelang laga Piala AFF 2022 melawan Kamboja di Stadion GBK, Selasa (20/12/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Latihan Timnas Indonesia Senior jelang laga Piala AFF 2022 melawan Kamboja di Stadion GBK, Selasa (20/12/22).

INDOSPORT.COM - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, secara terbuka mengakui kesulitan dalam laga perdana Piala AFF 2022 kontra Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (23/12/22). 

Ada alasan kuat dia mengatakan hal tersebut. Timnas Indonesia tergabung di Grup A Piala AFF 2022 bareng Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Timnas Indonesia sudah melakukan persiapan selama sebulan terakhir, dengan menjalani latihan di Bali. Setelahnya, Shin Tae-yong memilih total 23 nama yang dibawa ke kejuaraan dua tahunan tersebut.

"Mulai TC di Bali tanggal 28 November dan baik saja dan sudah berjalan lancar, jadi ke depannya juga akan lancar," kata Shin Tae-yong, Selasa (20/12/22).

Juru taktik asal Korea Selatan itu mengatakan performa para pemain timnas Indonesia belum berada di level terbaik karena liga domestik vakum selama dua bulan terakhir.

Belum lagi, Skuat Garuda tanpa laga uji coba selama persiapan menuju Piala AFF 2022 karena kesulitan cari lawan, setelah klub-klub Liga 1 fokus menjalani lanjutan kompetisi secara terpusat di Jawa Tengah. 

Fisik Asnawi Mangkualam dkk, disebut menurun. Tapi, Shin Tae-yong optimistis anak asuhnya akan membaik seiring berjalannya turnamen.

"Laga pertama bisa jadi sulit karena setelah Tragedi Kanjuruhan tak ada pertandingan, jadi performa tim pasti menurun, apalagi tak ada laga uji coba," ujar Shin Tae-yong.

"Toh fisik pasti akan meningkat seiring berjalannya kompetisi. Babak pertama lawan Kamboja akan sulit. Tapi kami sudah latihan dan tinggal tunjukan di lapangan," imbuhnya.