Bola Internasional

Profil Tim Piala AFF 2022: Myanmar, Negara Seribu Pagoda yang Tak Bisa Dipandang Sebelah Mata

Selasa, 20 Desember 2022 11:06 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Logo Piala AFF 2022. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Logo Piala AFF 2022.

INDOSPORT.COM - Timnas Myanmar akan kembali meramaikan turnamen sepak bola paling bergengsi di ASEAN yaitu Piala AFF 2022. Lantas apakah tahun ini mereka mampu membuat kejutan?

Di Piala AFF 2022, Myanmar tergabung ke dalam Grup B bersama Malaysia, Vietnam, Singapura dan Laos. Tentu lawan yang paling menyulitkan mereka adalah Vietnam, Malaysia serta Singapura.

Namun, Myanmar tidak boleh dipandang sebelah mata. Mereka bisa saja membuat kejutan seperti yang pernah terjadi di Piala AFF 2016 lalu.

Kala itu, negara Seribu Pagoda berhasil meraih posisi kedua fase grup dengan mengungguli dari Malaysia yang gagal lolos karena berada di urutan ketiga.

Namun, Myanmar akhirnya kalah di semifinal saat bersua Thailand. Melawan tim kuat Gajah Perang, mereka kalah telak dengan agregat 6-0.

Selain di edisi 2016, Tim Seribu Pagoda juga pernah tampil mengejutkan saat Piala AFF 2004 silam. Mereka kala itu sukses lolos ke semifinal sebagai juara grup.

Myanmar lolos ke semifinal dengan mengungguli negara-negara kuat seperti Malaysia dan Thailand. Namun sayang, mereka harus gagal melaju ke partai final.

Sementara itu, jelang menghadapi Piala AFF 2022, Myanmar besutan Antoine Hey telah melakukan sejumlah persiapan. Salah satunya dengan mengadakan pertandingan uji coba.

Myanmar sempat menantang juara bertahan yakni Thailand pada Minggu (11/12/22) lalu. Bermain di Thammasat Stadium, Pathum Thani, pasukan Antoine Hey dihajar dengan skor 0-6.

Meski kalah telak dari Thailand, skor tersebut tetap tidak bisa dijadikan patokan oleh para lawan di Grup B Piala AFF 2022. Bisa saja Myanmar membuat kejutan, sama seperti adanya Maroko di Piala Dunia Qatar.