Liga Indonesia

Leonardo Medina Bicara Kunci Kemenangan Persis Solo atas Persik Kediri di Liga 1

Minggu, 25 Desember 2022 16:10 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
© Persis Solo
Pertandingan antara Persik Kediri vs Persis Solo pada laga BRI Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta, Sabtu (24/12/22). (Foto: Persis Solo) Copyright: © Persis Solo
Pertandingan antara Persik Kediri vs Persis Solo pada laga BRI Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta, Sabtu (24/12/22). (Foto: Persis Solo)

INDOSPORT.COM - Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina Arellano, bersyukur atas tiga poin yang diraih timnya usai menundukkan Persik Kediri 3-1 pada lanjutan Liga 1 2022/2023. Kesabaran berproses menjadi kunci kemenangan ini.

Persis Solo sejatinya memang tampil bagus pada sistem bubble ini. Alexis Messidoro dkk. tak pernah kalah penguasaan bola maupun jumlah peluang.

Namun yang menjadi masalah, setelah pesta gol ke gawang Rans Nusantara FC 6-1, Laskar Sambernyawa tak dinaungi keberuntungan.

Hampir di setiap laga selalu ada peluang yang membentur gawang. Di antaranya sundulan Fernando Rodriguez yang mengenai mistar gawang Arema FC hingga tembakan Jaimerson Xavier yang membentur tiang gawang Persib Bandung.

Saat melawan Persik di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (25/12/22), hal sama kembali terjadi. Peluang emas Messidoro hanya membentur tiang gawang. Padahal, mereka butuh gol untuk menyamakan kedudukan.

Namun, ketidakberuntungan itu akhirnya pecah oleh kelengahan lini belakang Persik dalam menjaga Fernando Rodriguez. Penyerang asal Spanyol dibiarkan bebas saat menerima umpan Irfan Jauhari dan Gavin Kwan Adsit.

Kepala Fernando ternyata jauh lebih tajam ketimbang kakinya. Dua sundulan Fernando pada akhirnya membawa Persis Solo berbalik unggul, setelah sempat tertinggal oleh gol Faris Aditama.

Performa gemilang Persis Solo diakhiri aksi memukau Ryo Matsumura melewati tiga pemain belakang Persik Kediri. Aksi itu diselesaikan dengan congkelan yang memperdaya kiper Persik, Kurniawan Kartika Ajie.

Leonardo Medina menyebut kemenangan ini tak diraih dengan mudah. Ia memuji performa Persik yang bermain bagus sepanjang laga.

"Ini adalah laga yang sulit, tapi juga sebuah laga yang bagus karena Persik  bermain bagus. Ini laga yang membuktikan bahwa proses yang dijalani Persis Solo sudah membuahkan hasil. Para pemain kita bisa bermain dengan bagus," kata Leonardo usai laga.