Bola Internasional

Deretan 5 Bek Terbaik Sepanjang Masa, Nomor 1 Datang dari Italia

Senin, 26 Desember 2022 14:07 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Shintya Maharani/INDOSPORT
Menjadi seorang striker untuk kemudian mampu disorot oleh ribuan pasang mata pecinta sepak bola tampaknya sudah menjadi hal biasa. Copyright: © Shintya Maharani/INDOSPORT
Menjadi seorang striker untuk kemudian mampu disorot oleh ribuan pasang mata pecinta sepak bola tampaknya sudah menjadi hal biasa.

INDOSPORT.COM – Menjadi seorang striker untuk kemudian mampu disorot oleh ribuan pasang mata pecinta sepak bola tampaknya sudah menjadi hal biasa.

Namun, bagaimana jika jadinya yang dipilih untuk menjadi cita-cita adalah berposisi sebagai seorang bek? Hal itu mungkin tak banyak diinginkan oleh para pemain sepak bola yang baru memulai karirnya.

Meski begitu, banyak pesepakbola top dunia yang tetap saja bisa mencintai posisinya sebagai seorang bek.

Setidaknya ada tiga pemain yang berposisi sebagai bek pernah mendapatkan salah satu penghargaan bergengi di dunia, Ballon d’Or.

Mereka adalah Franz Beckenbauer, Matthias Sammer, dan terakhir adalah Fabio Cannavaro.

Namun, meski mampu meraih penghargaan bergengsi Ballon d’Or, jaminan bek terbaik sepertinya tidak langsung tersemat pada diri mereka.

Melansir dari Sportskeeda, berikut adalah deretan lima bek terbaik sepanjang masa yang pernah ada.

5. Carles Puyol

Pemain pertama yang dinobatkan sebagai bek terbaik sepanjang masa adalah Carles Puyol. Mantan penggawa Barcelona ini telah membuktikan ketangguhannya saat mengawal lini belakang.

Carles Puyol setidaknya telah menghabiskan 15 tahun karirnya di tim utama Barcelona dan menjadi kaptem tim selama lebih dari 10 tahun.

Perannya di lini belakang begitu mematikan terlebih ketika berduet dengan Gerard Pique. Aset penting yang dimiliki Puyol adalah dirinya mampu memberikan dorongan untuk tetap bermain sportif kepada rekan setimnya.

Tak hanya bersama Barcelona, Puyol juga menjadi sosok yang kokoh di lini belakang tim nasional Spanyol. Dirinya termasuk pemain yang paling berjasa dalam membawa Spanyol menjuara Piala Dunia 2010.